Kamis 10 Feb 2022 19:16 WIB

Satgas Covid-19: Terima Kasih Atas Pengabdian tanpa Batas Pers Saat Pandemi

Pers secara konsisten memberikan informasi terkini penanganan Covid-19.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham Tirta
Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengapresiasi peran pers yang selama ini konsisten menyebarkan informasi terkini, khususnya terkait penanganan Covid-19. Itu disampaikan Wiku berkaitan peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada Rabu, 9 Februari 2022, kemarin.

Menurutnya, pers selama ini secara konsisten memberikan informasi terkini penanganan Covid-19 yang informatif, terukur, namun tetap membangkitkan semangat dan optimisme masyarakat. "Tidak sedikit dari teman-teman media yang juga tertular bahkan gugur saat bertugas. Terima kasih atas pengabdiannya yang tanpa batas," ujar Wiku dalam keterangan persnya secara daring, Kamis (10/2).

Baca Juga

Wiku mengingatkan, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum berakhir dan ancaman penularan virus masih berlanjut. Ia menambahkan, belum lagi tantangan penyebaran hoaks, misinformasi, dan disinformasi yang masih terjadi di masyarakat.

Karena itu, kondisi membuat keberadaan media dibutuhkan. "Media pun juga dapat berkontribusi lebih dengan melakukan tindakan cepat penanggulangan berita salah yang sudah terlanjur menyebar di masyarakat," kata Wiku.

Secara khusus, ia juga mengimbau masyarakat mendukung pembentukan sirkulasi informasi yang sehat di tengah pandemi. Yakni dengan tidak mudah menyebarkan informasi jika belum yakin dengan kebenaran baik isi dan sumbernya.

"Ke depannya, mari kita kuatkan kolaborasi penyampaian informasi sesuai kaidah dan etika ilmiah serta jurnalistik demi diseminasi informasi yang merata ke seluruh tatanan masyarakat," kata Wiku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement