Kamis 10 Feb 2022 11:15 WIB

Foto Satelit Tunjukkan Aktivitas Persiapan Parade Militer Korut

Pasukan militer Korea Utara sedang mempersiapkan parade militer.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Parade Militer Korut
Parade Militer Korut

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sebuah foto satelit menunjukkan pasukan militer Korea Utara sedang mempersiapkan parade militer. Parade ini digelar di tengah meningkatnya uji coba rudal negara tersebut.

Situs web 38 North, yang khusus melakukan studi tentang Korea Utara pada Rabu (9/2/2022) mengatakan, citra satelit pada 5 Februari menunjukkan aktivitas yang diduga latihan parade militer di lapangan terbang Mirim, Pyongyang. Lapangan terbang itu merupakan tempat latihan untuk parade militer sebelumnya.

Baca Juga

Korea Utara kerap menandai peringatan penting dengan parade dan pertunjukan lainnya. Situs web 38 North mencatat beberapa peringatan penting di Korea Utara yang akan berlangsung dalam waktu dekat, antara lain ulang tahun ke-80 Kim Jong-il pada minggu depan. Kim Jong-il adalah mendiang ayah Kim Jong-un yang saat ini memimpin Korea Utara. Kemudian ulang tahun Kim Il-sung ke-110 tahun pada April. Kim Il-sung merupakan mendiang kakek Kim Jong-un.

Tiga generasi Kim telah memerintah Korea Utara berturut-turut sejak didirikan pada 1948. Ulang tahun Kim Il-sung dan Kim Jong-il merupakan hari libur nasional, dan paling penting di Korea Utara. Belum lama ini, politbiro yang berkuasa memutuskan untuk merayakan hari kelahiran dua mendiang generasi Kim dengan kemegahan, dan menjadikannya sebagai festival besar dalam sejarah negara.

Korea Utara belum mengungkapkan acara apa yang akan diadakan untuk menandai peringatan hari kelahiran tersebut. Tetapi, sebelumnya hari ulang tahun Kim Il-sung dan Kim Jong-il dirayakan dengan parade militer besar-besaran. Dalam parade tersebut, biasanya militer Korea Utara memperkenalkan sistem senjata baru yang dapat mengintimidasi musuh-musuhnya.

Tidak diketahui apakah persiapan parade militer yang terbaru terkait dengan peringatan ulang tahun Kim Jong-il atau Kim Il-sung. Situs web 38 North mengatakan, pelatihan di lapangan terbang Mirim dalam beberapa tahun terakhir biasanya dimulai satu hingga beberapa bulan menjelang perayaan.  Bulan lalu, militer Korea Selatan telah mendeteksi tanda-tanda bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan parade militer.

Menjelang parade militer sebelumnya, situs web 38 North mengatakan, sejumlah besar truk dan kendaraan militer lainnya sering diparkir di lapangan di sekitar area latihan. Namun kali ini kendaraan seperti itu belum terlihat pada gambar satelit.

Bulan lalu, Korea Utara melakukan serangkaian uji coba rudal. Beberapa ahli menyebut uji coba itu sebagai upaya untuk meningkatkan persenjataan, dan menekan pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Namun, Korea Utara menghentikan uji coba rudal selama Olimpiade Musim Dingin di Cina. Beijing adalah sekutu terpenting dan jalur kehidupan bagi ekonomi Korea Utara. Tetapi pengamat mengatakan, Korea Utara dapat menguji senjata yang lebih besar setelah Olimpiade berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement