Kamis 10 Feb 2022 02:20 WIB

Erick: Pertamina Grand Prix of Indonesia Jadi Branding Resmi MotoGP Mandalika

Erick memberikan apresiasi Pertamina dalam mendukung MotoGP Mandalika

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan peluncuran Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai title sponsor event MotoGP Mandalika 2022 merupakan hal positif dalam membangun brand atau jenama maupun citra Indonesia di mata dunia.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan peluncuran Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai title sponsor event MotoGP Mandalika 2022 merupakan hal positif dalam membangun brand atau jenama maupun citra Indonesia di mata dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan peluncuran Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai title sponsor event MotoGP Mandalika 2022 merupakan hal positif dalam membangun brand atau jenama maupun citra Indonesia di mata dunia.

Erick menyebut citra sebagai sebuah negara amat penting, terlebih bagi Indonesia yang diproyeksikan akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2045.

"Bersamaan dengan itu, penting sekali ketika ekonomi kita tumbuh, kita juga harus tepat menaruh brand negara kita, national branding kita menjadi sangat penting," ujar Erick saat peluncuran title sponsor, Pertamina Grand Prix of Indonesia, di Mandalika GP Hub, Epicentrum Walk, Jakarta , Rabu (9/2/2022).

Erick mengatakan branding yang positif akan memikat investor lokal maupun asing untuk menanamkan investasi di Indonesia. Erick menyampaikan olahraga menjadi salah satu sarana yang paling efektif dalam mengenalkan sebuah brand. Hal ini pun menjadi perhatian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong terealisasinya Asian Games pada periode pertama menjabat dan mendapat respons positif dari dunia internasional.

"Sekarang, di masa periode kedua beliau, kita juga terus mendorong banyak event di Indonesia. Pada 2023, kita juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, kejuaraan dunia untuk bola basket, dan juga World Beach Games," ucap Erick.

Sebagai tuan rumah sejumlah ajang besar, ucap Erick, Indonesia ingin memposisikan diri sebagai negara yang maju dan mampu menggelar ajang internasional. Erick juga meminta penyelenggaraan MotoGP dilakukan secara serius. Pasalnya, ucap Erick, MotoGP merupakan ajang internasional yang digelar secara berkesinambungan setiap tahun. 

"Event (MotoGP) ini berbeda dengan kejuaraan dunia tadi ataupun Asian Games,  event ini Insya Allah berjalan selama 10 tahun di Indonesia, artinya ada kontinuitas dalam memposisikan Indonesia di dunia sebagai bagaimana posisi kita sebagai negara besar," lanjut Erick.

Erick juga menyampaikan terima kasih terhadap Dorna yang mempercayai Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP. Erick menilai kepercayaan tersebut sudah tepat mengingat Indonesia merupakan salah negara dengan pengguna kendaraan bermotor dan penggemar MotoGR terbesar di dunia.

Erick juga memberikan apresiasi Pertamina dalam mendukung MotoGP Mandalika. Erick sendiri terus mendorong Pertamina mempunyai valuasi mencapai 100 miliar dolar AS dan masuk dalam jajaran perusahaan terbesar dunia.

"Saya berharap event ini langkah kecil saja bagi Pertamina, Pertamina punya langkah yang lebih besar dari ini," kata Erick menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement