Rabu 09 Feb 2022 22:18 WIB

Al Ghazali dan Kaitannya dengan Zaman Keemasan Islam

Al Ghazali dengan getir mengkritik para pemikir yang mendukung mazhab Muta'zilah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Al Ghazali dan Kaitannya dengan Zaman Keemasan Islam. Foto: Teladan Imam Ghazali dalam tradisi ilmiah (ilustrasi), ilustrasi ulama
Foto: republika
Al Ghazali dan Kaitannya dengan Zaman Keemasan Islam. Foto: Teladan Imam Ghazali dalam tradisi ilmiah (ilustrasi), ilustrasi ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al Ghazali telah diakui oleh Encyclopedia Britannica dan Stanford Encyclopedia of Philosophy sebagai filsuf Muslim terbesar yang pengaruhnya tidak terbatas pada Islam saja tetapi juga menjadi rujukan ilmuan dan filsuf Kristen dan Ibrani. Buku abad ke-11 berjudul “The Incoherence of the Philosophers” menandai perubahan besar dalam epistemologi Islam, di mana Al-Ghazali menerangkan pemikirannya tentang bentuk sesekaliisme teologis, yang berarti bahwa semua peristiwa dan interaksi kausal bukanlah produk dari konjungsi material, melainkan kehendak Tuhan.

Dalam karya terbesarnya, teolog Muslim asal Persia itu menjelaskan doktrin dan praktik Islam dan menunjukkan bagaimana ini dapat dijadikan dasar kehidupan bhakti yang mendalam, yang mengarah ke tingkat tasawuf, atau mistisisme yang lebih tinggi. Zaman Keemasan Islam—dari abad ke-8 hingga pertengahan abad ke-13—adalah salah satu periode terbesar perkembangan pengetahuan dan kemajuan manusia, dengan Baghdad sebagai titik fokusnya. 

Baca Juga

Terlepas dari kontribusi besar Al Ghazali terhadap kumpulan praktik Muslim, teologinya, dan perkembangan mistisismenya, hingga akhir ia tetap menjadi tokoh kontroversial karena perang salibnya melawan filsafat Yunani dan pengetahuan barat menjadi perhatian. Kebanyakan kritikus juga menyalahkan dia karena menjadi penyebab jatuh atau dekadensi Zaman Keemasan Islam, yang akhirnya dilikuidasi oleh invasi Mongol tahun 1258.

Ghazali telah mulai sebagai seorang skeptis selama fase awal ketika ia datang untuk membaca risalah filosofis Yunani yang ditulis oleh sarjana Muslim terkemuka seperti Al-Farabi (w.951) dan Ibn Sina (w.980). Mengikuti arus, ia menulis risalah filosofis pertamanya, Maqasid al Falasifa. Sejak tahun 1095, sebuah krisis mengubahnya, dan dia merasa bahwa filsafat Yunani tidak memiliki ketulusan intelektual sebagai bantahan, dia menulis bukunya yang monumental, “Tahaful al Falasifa,” “Ketidakjelasan para filosof.” 

Pada saat itu, umat Islam dalam sikap mereka terhadap filsafat Yunani dan pengaruh barat dibagi menjadi dua kelas, Asya'rit, yang menentang setiap inovasi teologi Islam, dan Mut'azillites, yang percaya pada pemikiran liberal dan juga suka memanfaatkan filsafat Yunani. Al Ghazali dengan getir mengkritik para pemikir yang mendukung mazhab Muta'zilah, yang menyebabkan sebagian besar sejarawan dan kritikus mengatakan bahwa Al Ghazali bertanggung jawab atas jatuhnya Zaman Keemasan Islam. Sedangkan Ghazali menentang pemikiran Yunani dan menganggapnya terlalu sesat dan merusak pemikiran Islam. 

Para pengkritiknya mengatakan bahwa meskipun magnum opusnya menyebutkan 'inkoherensi para filsuf', Ghazali sebenarnya bertanggung jawab untuk memblokir pengetahuan dan pengaruh baru dalam agama Islam, yang pada akhirnya menyebabkan jatuhnya Zaman Keemasan Islam. Kajian tentang Zaman Keemasan Islam (dari pertengahan abad ke-8 hingga abad ke-14) begitu menggetarkan dan menggairahkan sehingga membuat seluruh umat Islam merasa bangga atas pencapaian besar para Ilmuwan dan Filsuf Muslim yang masih belum ada tandingannya hingga saat ini. 

Periode Kekhalifahan Abbasiyah menghasilkan pertumbuhan yang menakjubkan dari para filsuf dan ilmuwan seperti Ibne Rusyd (menerjemahkan Aristoteles, dan menulis buku tentang yurisprudensi Islam) Al-Kindi (menemukan aturan astronomi dan optik) Khawarzmi (Bapak Aljabar dan matematika) Ibne Sina (Bapak Kedokteran, Astronomi dan Logika) yang mengantarkan era keemasan ilmu pengetahuan. Tetapi pencapaian ini (dalam beberapa abad pertama sejarah Islam) terjadi di Kerajaan Islam ketika semua ilmuwan dan pemikir besar yang tergabung dalam peradaban Yunani, Kristen, Ibrani, dan India duduk bersama dalam semangat kerukunan dan kerja sama antaragama dan bersama-sama menemukan solusi untuk penderitaan bersama mereka. 

Akbar S Ahmed, seorang cendekiawan Muslim Pakistan yang sangat terkemuka di Barat yang menjabat sebagai Ketua Studi Islam Ibne Khaldoon di American University, Washington, DC baru-baru ini menulis sebuah buku 'The Flying Man' di mana ia telah menekankan perlunya kerukunan antar-iman dan kerja sama antara para ilmuwan besar yang tergabung dalam agama-agama Ibrahim untuk duduk bersama dan bersama-sama berjuang melawan penderitaan umum saat ini dari pandemi, pembusukan dan kematian, dengan menghidupkan kembali semangat harmoni yang sama.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement