Kamis 10 Feb 2022 02:45 WIB

BKSDA Berusaha Tangkap Harimau yang Serang Warga Aceh Selatan

BKSDA Aceh memasang box trap (kotak perangkap) di tiga titik.

Harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae). BKSDA Berusaha Tangkap Harimau yang Serang Warga Aceh Selatan
Foto: FB ANGGORO/ANTARA
Harimau sumatera (Panthera Tigris Sumatrae). BKSDA Berusaha Tangkap Harimau yang Serang Warga Aceh Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh berusaha menangkap harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) menggunakan beberapa perangkap. Harimau tersebut menyerang warga di Kabupaten Aceh Selatan.

"Kami sudah memasang box trap (kotak perangkap) di tiga titik untuk penyelamatan agar masyarakat selamat dan juga satwa liar itu sendiri. Harimau itu berpindah-pindah terus, kita juga mengikuti pergerakan harimau dalam memasang tiga box trap tersebut," kata Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga

Menurut dia, perangkap dipasang di tempat-tempat pergerakan harimau berdasarkan hasil pengamatan menggunakan kamera pengawas dan laporan petugas lapangan. Seorang petani berusia 67 tahun di Desa Seulekat, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan, diserang harimau pada Senin (7/2/2022) siang.

Dia diserang saat memanen kelapa sawit di kebun. Lengan kanan petani bernama Amrimus itu terluka karena dicakar harimau sehingga dia harus menjalani perawatan di fasilitas kesehatan.

"Korban refleks dan memukul harimau tersebut dengan alat panen sawit, akhirnya harimau lari meninggalkannya," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam BKSDA Aceh Hadi Sofyan.

Agus mengatakan BKSDA melakukan upaya pencegahan dan penanganan konflik satwa liar dengan warga bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat dan organisasi konservasi. BKSDA juga memberikan penyuluhan mengenai upaya pencegahan konflik dengan satwa liar kepada warga di sekitar kawasan hutan.

"Misalnya, saat pelaksanaan kegiatan di kebun tidak sendiri, ditemani, melaksanakan kegiatan juga jangan sampai terlalu malam karena kita mengantisipasi jam aktif satwa," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement