Kamis 10 Feb 2022 03:12 WIB

Upaya Bersama Pulihkan Pariwisata

Pemerintah memberi insentif serta anggaran Rp 4,55 T demi menunjang sektor pariwisata

Siluet penonton di Sirkuit Internasional Mandalika menyaksikan latihan bebas Kejuaraan Dunia Superbike 2 di Mandalika, Pulau Lombok, Jumat, 19 November 2021.
Foto: AP/Achmad Ibrahim
Siluet penonton di Sirkuit Internasional Mandalika menyaksikan latihan bebas Kejuaraan Dunia Superbike 2 di Mandalika, Pulau Lombok, Jumat, 19 November 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kendati pandemi belum berakhir dan varian baru COVID-19, omicron, muncul di Indonesia, industri pariwisata masih optimistis bisa kembali menggeliat dan mulai pulih tahun 2022. Dunia pariwisata adalah salah satu yang terseok-seok akibat pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama dua tahun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah memberi insentif serta anggaran Rp 4,55 triliun demi menunjang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Anggaran dan insentif itu diberikan demi mendorong aktivitas pariwisata yang dilakukan salah satunya lewat gelaran internasional di Tanah Air. Contohnya, Superbike Mandalika International Circuit dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Baca Juga

Airlangga mengatakan, proses untuk memulihkannya tak bisa instan. Perlu tahapan-tahapan untuk melewati tantangan, seperti konsistensi penerapan standard di sektor kesehatan, keamanan, keberlanjutan lingkungan di seluruh masyarakat.

Kata kunci yang terus digaungkan untuk membangkitkan ekonomi dari pandemi COVID-19, termasuk pariwisata, adalah kolaborasi serta koordinasi antar lembaga.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia optimistis industri pariwisata dapat mulai menggeliat pada kuartal kedua tahun 2022 setelah kasus omicron diperkirakan menurun di Indonesia dan situasi kembali lebih kondusif. Orang-orang yang sudah terbiasa dengan kenormalan baru serta upaya untuk belajar dari negara-negara lain yang sudah mulai "berdamai" dengan virus ini bisa membantu pemulihan pariwisata.

Indonesia mulai "pemanasan" dengan proyek percontohan layanan penerbangan internasional perdana ke Bali bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang telah efektif pada 4 Februari 2022. Proyek ini dilakukan secara hati-hati dan penuh kewaspadaan karena beriringan dengan peningkatan kasus COVID-19 varian omicron. 

photo
Foto udara tikungan ke 10 Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2/2022). MotoGP Official Test atau tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari mendatang dan diikuti 24 pebalap dari 12 tim MotoGP yang dipastikan siap tampil di Sirkuit Mandalika. - (Antara/Ahmad Subaidi)

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menginisiasi program warm up vacation sebagai model karantina yang lebih inovatif dengan sistem bubble, aktivitas karantina pelancong tak sebatas di dalam kamar, tapi di area yang didedikasikan untuk bubble

Sembari menunggu situasi kembali pulih, para pelaku pariwisata diajak untuk tidak berpangku tangan. Mulai dari hotel hingga restoran diminta untuk berbenah serta menjaga kualitas produk serta layanan demi menjaga kepercayaan pelancong dari dalam maupun luar negeri.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, menjaga kualitas layanan hotel dan restoran penting karena pertumbuhan industri pariwisata turut mempengaruhi usaha-usaha lain di sekitarnya. Pariwisata massal, yang didatangi oleh turis-turis dalam jumlah banyak, adalah contoh bagaimana pariwisata memberikan dampak besar terhadap lingkungan sekitar.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement