Rabu 09 Feb 2022 15:30 WIB

LMI dan SMI Inisiasi Kampung Alpukat

LMI dan SMI berkomitmen untuk mendampingi kelompok tani budidaya alpukat.

aznas LMI bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melalui program CSRnya melanjutkan agenda
Foto: istimewa
aznas LMI bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melalui program CSRnya melanjutkan agenda

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL, YOGYAKARTA - Setelah melakukan penanaman pohon bulan lalu di Blora, kali ini Laznas LMI bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melalui program CSRnya melanjutkan agenda 'Green Indonesia Project' dengan menanam 2000 pohon alpukat di Desa Wunung, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul (9/2/2022). Agenda ini merupakan rangkaian dari gerakan penghijauan dalam rangka antisipasi dan adaptasi perubahan iklim.

Pada seremoni penanaman, Direktur Pendayagunaan Laznas LMI, Citra Widuri menyampaikan jika pohon tersebut ditanam di lahan seluas 5 hektar. "Sebagian pohon ditanam di lahan desa sebagai titik percontohan. Selebihnya ditanam di 183 pekarangan dan 33 titik kebun milik warga." jelasnya dalam keterangan persnya, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga

Total ada 216 orang yang terlibat dalam program ini yang kemudian membentuk kelompok tani alpukat. Merekalah yang nanti akan merawat tanaman hingga tumbuh besar sehingga tujuan program dalam rangka antisipasi dampak perubahan iklim tercapai.

Disamping itu, program ini juga akan memberikan dampak secara ekonomi bagi masyarakat ketika alpukatnya sudah panen sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat. 

Dengan banyaknya jumlah pohon yang ditanam, kedepan Desa Wunung ditargetkan akan menjadi kampung alpukat. Laznas LMI dan SMI berkomitmen untuk mendampingi kelompok tani yang sudah terbentuk dalam budidaya alpukat melalui kegiatan peningkatan kapasitas baik dari sisi budidaya (on farm), manajemen kelompok hingga nanti pengelolaan produk pasca panen (off farm). 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement