Rabu 09 Feb 2022 13:41 WIB

Polda Jatim Siapkan Tiga Strategi Antisipasi Lonjakan Covid-19

Tiga strategi itu akan dijalankan bersama dengan Forkompimda Jatim

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andi Nur Aminah
Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjen Nico Afinta.
Foto: Dok Pemprov Jatim
Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjen Nico Afinta.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Polda  Jawa Timur menyiapkan tiga strategi khusus dalam upaya menekan laju penularan Covid-19. Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan, tiga strategi yang disiapkan antara lain, operasi yustisi dengan Patroli Motor Penegak Protokol Kesehatan di Jawa Timur (Pamor Keris), percepatan vaksinasi Lansia dan anak  serta menyiapkan tempat isolasi terpusat (Isoter). "Tiga strategi ini akan kami lakukan bersama dengan Forkompimda Jatim," kata Nico, Kamis (9/2).

Selain tiga strategi itu, lanjut Nico, pihaknya juga bakal mengoptimalkan kembali PPKM mikro dengan mengaktifkan kembali setiap posko kelurahan/desa. Tercatat, ada 5.496 Posko dengan 7.856 Bhabinkamtibmas di seluruh Jatim. Polda Jatim juga bakal melaksanakan pemantauan pelaku perjalanan luar negeri secara langsung.

Baca Juga

"Bisa juga menggunakan aplikasi Monitoring Karantina Presisi dan melaksanakan komunikasi dengan media terkait dengan upaya-upaya yang telah dilaksanakan," ujarnya. 

Nico menganggap, upaya ini menjadi penting langaran kasus aktif di Jatim terus bertambah. Per 8 Februari 2022, tercatat ada 7.944 kasus aktif. Terkait peta zonasi, dari 38 kabupaten/kota sebanyak 37 masuk zona kuning, dan hanya ada satu daerah yang bersattus zona oranye Covid-19, yakni Kota Malang.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pun mengajak masyarakat untuk memperketat penerapan protokol kesehatan. Mengingat saat ini Indonesia sudah masuk gelombang ketiga pendemi Cobid-19.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement