Rabu 09 Feb 2022 07:11 WIB

Manfaat Olahraga Sepatu Roda, Latih Otot Kaki Hingga Sehatkan Jantung

Olahraga sepatu roda kembali populer di masa pandemi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Olahraga sepatu roda kembali populer di masa pandemi.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Olahraga sepatu roda kembali populer di masa pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga sepatu roda tidak hanya cocok untuk anak dan remaja. Orang dewasa pun bisa melakoninya. Lebih dari sekedar hobi yang menyenangkan, olahraga ini dianggap sebagai bentuk aktivitas fisik yang efektif.

Selama pandemi, olahraga retro ini kembali populer, ditandai dengan banyaknya pencarian Google mengenai segala hal tentang sepatu roda. Sama seperti jenis olahraga lainnya, bersepatu roda menawarkan sejumlah manfaat kebugaran.

Baca Juga

Seseorang mungkin perlu sedikit waktu untuk menguasai gerakannya, tapi bermain sepatu roda bisa menjadi salah satu latihan terbaik untuk seluruh tubuh. Olahraga ini melatih kaki, bagian inti tubuh, dan tubuh bagian atas.

"Sepatu roda adalah olahraga beroktan tinggi yang menyenangkan, tetapi juga sangat efektif dalam membangun stamina, otot, dan daya tahan," kata pakar kebugaran Nicola Barnabo. Berikut empat manfaat dari olahraga ini:

 

1. Melatih otot kaki

Ahli osteopati berlisensi Joe Dale menyebut olahraga sepatu roda efektif melatih semua otot utama di kaki, terutama paha depan dan betis. Otot pergelangan kaki, lutut, dan pinggul juga akan lebih stabil dan kuat.

"Ini akan menguntungkan jenis olahraga lain yang dilakukan, seperti berlari. Penguatan otot di sekitar lutut juga dapat meningkatkan fleksi lutut (kemampuan menekuk lutut), yang dapat mengurangi nyeri sendi dari waktu ke waktu," ujar Dale.

Berdasarkan berat badan rata-rata perempuan Inggris, satu jam bermain sepatu roda membakar sekitar 426 kalori. Jangan lupa mengenakan perlengkapan pelindung dasar saat memainkannya untuk menjaga keselamatan diri dan sekitar.

 

2. Menjaga keseimbangan

Keseimbangan tubuh termasuk area kesehatan yang sering diabaikan, namun semakin banyak terdampak seiring bertambahnya usia. Olahraga sepatu roda bisa mendukung mobilitas dan menjaga keseimbangan secara keseluruhan.

Berdiri dengan dua kaki saat bermain sepatu roda bukanlah hal yang mudah. Terus berlatih hingga menemukan postur dan keseimbangan yang sempurna akan membuat aktivitas yang menyenangkan ini menjadi mudah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement