Selasa 08 Feb 2022 19:26 WIB

Putra Diktator Tetap Jadi Sosok Favorit dalam Kampanye Pemilu Filipina

Jajak pendapat menunjukkan Ferdinand Marcos Jr menuju kemenangan telak dalam pemilu.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Putra mantan diktator Ferdinand Marcos, Ferdinand Marcos Jr berpose setelah mengajukan dokumen pencalonannya sebagai presiden kepada komisi pemilihan umum di Manila, Filipina, 6 Oktober 2021.
Foto: Rouelle Umali/Pool Photo via AP
Putra mantan diktator Ferdinand Marcos, Ferdinand Marcos Jr berpose setelah mengajukan dokumen pencalonannya sebagai presiden kepada komisi pemilihan umum di Manila, Filipina, 6 Oktober 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Filipina resmi memulai masa kampanye pemilihan umum presiden, Selasa (8/2/2022). Sejumlah calon presiden bakal berlomba untuk mencuri perhatian rakyat selama periode kampanye tiga bulan ke depan.

Putra mantan diktator Ferdinand Marcos, Ferdinand Marcos Jr masih menjadi calon yang difavoritkan untuk menggantikan pemimpin otoriter Rodrigo Duterte di tampuk kepresidenan. Jika terpilih, dia akan mengembalikan klannya ke istana kepresidenan yang pernah mereka tinggalkan.

Baca Juga

Rakyat Filipina biasanya lebih tertarik pada kepribadian daripada kebijakan para calon pemimpinnya. Lebih dari 35 tahun setelah negara itu keluar dari kediktatoran ayahnya, jajak pendapat menunjukkan Ferdinand Marcos Jr menuju kemenangan telak dalam pemilu Filipina pada 9 Mei mendatang.

Didorong oleh kampanye media sosial besar-besaran dan aliansi yang tangguh dengan putri pertama dan calon wakil presiden Sara Duterte, Marcos Jr telah bersumpah untuk menyatukan negara. Dia adalah salah satu tokoh paling terpolarisasi di Filipina.

"Ini bukan waktu dan tempat untuk berdebat tentang sejarah Filipina," kata Marcos Jr seperti dikutip laman Channel News Asia, Sealsa (8/2/2022).

"Kita perlu membicarakan dan mendiskusikan apa yang perlu kita lakukan dalam beberapa tahun ke depan untuk mengembalikan pekerjaan kepada orang-orang sehingga mereka akan memiliki uang di kantong mereka," ujarnya menambahkan.

Sementara itu Wakil Presiden petahana Leni Robredo berada di urutan kedua dalam survei pemilih. Dia adalah seorang mantan pengacara dan saingan Marcos Jr dan Duterte dalam pemilu sebelumnya.

Memulai kampanye berwarna merah mudanya di kota Lupi di provinsi tengah Camarines Sur, Robredo mengatakan kepada para pendukungnya bahwa dia dipenuhi dengan keberanian karena rakyat selalu bersamanya. Robredo mengungguli wali kota dari kalangan aktor, Francisco Domagoso, superstar tinju Manny Pacquiao, dan mantan kepala polisi Panfilo Lacson.

"Favorit presiden yang luar biasa tetap Marcos," kata analis Eurasia Group Peter Mumford. Namun ia memberi mantan senator itu peluang 70 persen untuk menang. "Banyak pendukung 'pro-otoriter' Duterte melihat Marcos sebagai calon 'orang kuat' yang berkelanjutan," kata Mumford.

Kemenangan jajak pendapat untuk Marcos Jr akan menjadi ajang kembali yang terakhir bagi keluarga kontroversial, yang dikejar ke pengasingan AS setelah kejatuhan patriark yang memalukan pada 1986. Diktator mengawasi pelanggaran hak asasi manusia yang meluas untuk mempertahankan kendalinya atas negara dan memungkinkan penjarahan besar-besaran, dengan ribuan orang terbunuh atau disiksa.

Penentang yang berusaha untuk memblokir kepresidenan Marcos lainnya telah mengajukan petisi kepada Komisi Pemilihan agar putranya dikeluarkan dari pencalonan presiden karena hukuman sebelumnya karena gagal mengajukan pengembalian pajak penghasilan. Dia telah mengalahkan salah satu tantangan, tetapi keputusan kunci pada beberapa kasus diskualifikasi telah tertunda.

Bahkan jika Marcos Jr dikeluarkan dari pencalonan, aturan pemilihan akan mengizinkan anggota lain dari keluarga Marcos untuk menggantikannya. Dia telah mencoba untuk mempertahankan kekuasaan ayahnya dengan mengutip pertumbuhan ekonomi, dan meminimalkan pelanggaran hak asasi manusia selama rezim itu.

Namun pertanyaan tentang masa lalu keluarganya dan dugaan kekayaan haram telah menjadi sumber kejengkelan. Dia telah menolak undangan untuk berpartisipasi dalam wawancara atau forum dengan saingannya. Dia menegaskan kepada seorang jurnalis bahwa dia tidak akan lagi kembali ke masalah yang sudah berusia 35 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement