Selasa 08 Feb 2022 17:49 WIB

Ini Penjelasan BPBD Garut Soal Suara Gemuruh di Gunung Guntur

Warga di kaki Gunung Guntur mendengar suara gemuruh hingga tengah malam.

Petani menanam padi dengan latar belakang Gunung Guntur di Desa Rancabango, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020).  Ini Penjelasan BPBD Garut Soal Suara Gemuruh di Gunung Guntur
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Petani menanam padi dengan latar belakang Gunung Guntur di Desa Rancabango, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020). Ini Penjelasan BPBD Garut Soal Suara Gemuruh di Gunung Guntur

IHRAM.CO.ID, GARUT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat menyampaikan suara gemuruh yang sempat menghebohkan warga bukan akibat aktivitas gunung aktif Guntur. Suara gemuruh disebabkan aktivitas uap panas bumi di Kamojang.

"Ya betul ada suara, tapi itu bukan dari aktivitas Gunung Guntur," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan suara gemuruh yang sempat didengar sejumlah warga di kawasan kaki Gunung Guntur itu terjadi pada Senin (7/2/2022) sampai menjelang tengah malam. BPBD Garut menindaklanjuti kejadian tersebut kepada pihak pemantau Gunung Guntur yang hasilnya tidak ada kejadian yang menonjol atau gempa di kawasan gunung aktif itu.

"Ya laporannya tidak ada gempa di gunung, seismogramnya flat, berarti nggak ada sinyal aktivitas di Gunung Guntur," katanya.

Ia menyampaikan laporan di lapangan bahwa suara gemuruh yang terdengar pada malam hari itu karena adanya aktivitas uap bumi atau energi panas bumi di kawasan Kamojang di kawasan hutan Gunung Guntur. Suara gemuruh yang terdengar warga sekitar kaki gunung itu, kata dia, karena adanya angin kencang yang mengarah ke permukiman warga sehingga suaranya terdengar gemuruh.

"Jadi karena malam itu ada angin kencang dari sana (kawasan panas bumi)," kata Satria.

Ia mengimbau masyarakat tetap tenang karena kejadian semalam itu bukan aktivitas gunung aktif yang selama ini dikhawatirkan masyarakat Garut. "Tetap tenang, karena itu bukan dari gunung," katanya.

Sebelumnya, sejumlah warga di kawasan kaki Gunung Guntur mendengar suara gemuruh yang cukup keras saat malam hari. Seorang warga Cipanas, Kecamatan Tarogong Kaler, Indra (22 tahun) mengatakan suara gemuruh itu mulai terdengar sekitar pukul 22.00 WIB dari arah Gunung Guntur.

Sejumlah warga, kata dia, sempat panik sehingga memilih berkumpul di luar rumah. Sebagian warga mengecek kondisi gunung untuk memastikan sumber suara tersebut.

"Saya sempat naik ke kawasan kaki gunung untuk memastikan asal suara, ternyata setelah diselidiki, suaranya berasal dari arah barat atau arah Samarang," katanya.

Selama suara gemuruh itu terdengar warga tetap siaga dan terus mencari informasi terkait peristiwa itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement