Selasa 08 Feb 2022 18:00 WIB

Muslim Amerika Kompak Rayakan Pencalonan Nusrat Choudhury 

Pencalonan Nusrat Choudhury didukung Muslim Amerika.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Muslim Amerika Kompak Rayakan Pencalonan Nusrat Choudhury 
Foto: Middle East Eye
Muslim Amerika Kompak Rayakan Pencalonan Nusrat Choudhury 

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON—Seluruh Muslim di Amerika merayakan pencalonan yudisial Nusrat Choudhury oleh Presiden Joe Biden, yang jika dikonfirmasi oleh Senat, akan menjadi wanita Muslim pertama yang ditunjuk sebagai hakim federal AS. Choudhury, yang merupakan keturunan Bangladesh-Amerika, adalah salah satu dari delapan kandidat yang diumumkan di Gedung Putih pada 19 Januari lalu. 

Sebelum direkomendasikan menjadi hakim federal, Choudhury menjabat sebagai direktur hukum American Civil Liberties Union (ACLU) Illinois sejak 2020. Sebelum itu, dia menjabat sebagai wakil direktur program keadilan rasial ACLU nasional, setelah bertugas sebagai staf pengacara senior untuk proyek keamanan nasional organisasi tersebut, dan merupakan Marvin M Karpatkin Fellow. 

Baca Juga

Pada 2020, Demokrat terbuka meminta Biden untuk menunjuk hakim federal Muslim. Dalam suratnya, perwakilan DPR Grace Meng menulis,  "Peradilan hari ini tidak mencerminkan Amerika yang dipimpinnya. Pada tahun 2020, sepengetahuan kami, tidak ada anggota pengadilan federal yang ditunjuk yang mengidentifikasi diri sebagai Muslim, dan belum pernah ada hingga saat ini.”

Saat ini ada 890 hakim federal, dan, jika dikonfirmasi, Choudhury akan menjadi hakim di Pengadilan Distrik untuk Distrik Timur New York dan hakim Muslim kedua di pengadilan federal. Namun, Muslim Amerika berpendapat bahwa ini masih belum cukup. Sistem peradilan federal AS memutuskan konstitusionalitas undang-undang federal dan menyelesaikan sengketa terkait undang-undang ini.

Kabar pencalonan Choudhury menjadi perbincangan kota yang mengapresiasi komitmen wanita keturunan Bangladesh itu selama lebih dari satu dekade untuk memperjuangkan kekebasan dan hak sipil serta keadilan bagi semua orang. Bagi banyak orang, salah satu peran paling menonjol dari karir Choudhury adalah ketika dia menjadi litigator dalam gugatan Raza v. City of New York terhadap pengawasan dan profil Muslim yang tidak adil oleh NYPD.

Tahun lalu, Choudhury, bersama dengan 78 organisasi keagamaan, sipil dan masyarakat, berjuang agar dewan kepolisian Chicago memecat John Catanzara, seorang perwira yang membuat pernyataan anti-Muslim. Petugas itu akhirnya menghadapi sidang disiplin dan mengundurkan diri sehari kemudian.

“Dia (Choudhury) telah menghabiskan seluruh kehidupan profesionalnya di parit bersama komunitas, memperjuangkan hak-hak sipil,” kata Eric Naing, seorang Advokat Muslim, yang dikutip di Middle East Eye, Selasa (8/2/2022).  

Choudhury telah lama menjadi kritikus yang frontal untuk mengungkapkan frekuensi kasus pembunuhan pria kulit hitam yang tidak bersenjata di Amerika, pada 2014 dia menegaskan bahwa kasus pembunuhan itu sudah terlalu sering terjadi dan Amerika memerlukan larangan dan peraturan komprehensif untuk menghentikan kejahatan rasial. 

Dia juga menantang Daftar Larangan Terbang pemerintah AS, database yang digunakan lembaga pemerintah untuk memutuskan siapa yang diizinkan naik ke penerbangan. Pada tahun 2012 Choudhury adalah litigator dalam gugatan federal pertama yang menantang prosedur Daftar Larangan Terbang.

"Lebih dari dua tahun lalu, klien kami dimasukkan ke dalam daftar hitam rahasia pemerintah yang menolak hak mereka untuk bepergian tanpa penjelasan atau kesempatan untuk menghadapi bukti yang memberatkan mereka," kata Choudhury dalam sebuah pernyataan saat itu. 

"Konstitusi mengharuskan pemerintah untuk memberikan klien kami kesempatan yang adil untuk membersihkan nama mereka dan pengadilan akhirnya akan mendengar klaim mereka."

Eric Naing, direktur komunikasi di Muslim Advocates, percaya bahwa umat Islam harus merayakan pencalonan ini dengan sepenuh hati. "Nusrat telah menghabiskan seluruh karirnya membela hak-hak sipil komunitas Muslim dan komunitas terpinggirkan lainnya," kata Naing kepada Middle East Eye.

"Dia akan mendobrak penghalang sebagai wanita Muslim pertama dan hakim federal Amerika-Bangladesh, tapi mungkin yang lebih penting, dia telah menghabiskan seluruh kehidupan profesionalnya di parit, dengan masyarakat, memperjuangkan hak-hak sipil."

"Pencalonan Nusrat Choudhury ke bangku federal bersejarah... Selama masa jabatannya sebagai direktur hukum di Illinois, dia antara lain memimpin tim hukum kami dalam upaya meningkatkan kepolisian di Chicago, melindungi orang-orang yang rentan secara medis yang ditahan atas tuduhan imigrasi selama persidangan. Pandemi COVID di penjara daerah Illinois, dan menantang praktik tidak adil yang mendorong penduduk Chicago ke kebangkrutan untuk membayar denda dan biaya," kata American Civil Liberaties Union (ACLU), sebuah organisasi nirlaba yang ditujukan untuk memperjuangkan kebebasan konstitusional di Amerika Serikat, dalam sebuah penyataan. 

Pencalonan Choudhury telah diterima lebih baik daripada ketika Zahid Quraishi, mantan hakim hakim di New Jersey yang menjadi Muslim pertama yang ditunjuk sebagai hakim federal AS tahun lalu. Zahra Billoo, seorang pengacara hak-hak sipil dan direktur eksekutif Dewan Hubungan Amerika-Islam San Francisco, mengaku merasa senang dengan pencalonan Choudhury, mengatakan bahwa Choudhury telah mengabdikan karirnya untuk pelayanan publik dan telah menghadapi pertarungan yang sangat sulit.

"Ini ... berita harus diperjuangkan. Komitmen Nusrat kepada komunitasnya dan komitmen terhadap keadilan harus dirayakan dan akan menjadi tambahan yang disambut baik," kata Billoo kepada MEE.

"Pada saat yang sama, dia hanyalah salah satu hakim dalam sistem berusia berabad-abad yang, sejak awal, telah menganiaya orang kulit berwarna, orang miskin, dan pembangkang politik. Dan meskipun ini sangat menarik, mudah-mudahan ini adalah langkah pertama dari banyak langkah yang dibutuhkan."

Demikian pula, Sahar Aziz, seorang profesor hukum dan direktur pendiri Pusat Keamanan, Ras dan Hak di Universitas Rutgers, percaya bahwa pencalonan itu adalah berita bagus, tetapi tidak cukup untuk mengubah sistem peradilan AS yang cacat. “Nusrat Choudhury adalah perwakilan dari penggugat yang membawa kasus hak-hak sipil. Dia cenderung menuntut pemerintah, mengadvokasi kebijakan dan praktik keamanan nasional. Dan itu sangat berbeda dalam hal bagaimana dia bekerja dengan hukum dan telah bekerja untuk memastikan bahwa hukum memberikan perlindungan yang sama kepada semua orang.”

Menurut Aziz, meskipun hakim sangat penting, mereka hanyalah satu bagian dari sistem kompleks yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan yang mencakup juri, pengacara, dan pejabat pemerintah. Dia percaya bahwa memiliki hakim dengan pengalaman profesional yang beragam dan pengalaman pribadi yang beragam yang saling berhubungan dengan identitas mereka adalah penting pada tingkat makro.

“Ketika Anda memiliki hakim yang memiliki pengalaman homogen secara pribadi dan profesional, Anda secara struktural akan menghasilkan peradilan yang berpihak pada pengalaman dan perspektif tersebut,” kata Aziz.

"Jadi dengan Nusrat Choudhury, saya pikir dia mengimbangi tren karena dia seorang wanita Muslim dan karena dia bekerja sebagian besar karirnya di masyarakat sipil khususnya di ACLU," katanya, menyoroti representasi Choudhury dari orang-orang yang terkena dampak undang-undang pasca 9/11, kebijakan dan praktik.

Namun Aziz berpendapat bahwa satu hakim tidak dapat mengubah seluruh sistem, terutama karena kekuasaan hakim terbatas. “Pada akhirnya Anda menginginkan hakim yang objektif dan tidak memihak, tetapi sekali lagi diinformasikan untuk memahami bahwa apa yang mungkin ada di atas kertas tidak selalu tercermin dalam kenyataan, terutama kelompok-kelompok dalam masyarakat yang kurang kuat, yang sering dijadikan kambing hitam, yang distigmatisasi," katanya.

"Dan itu pasti terjadi pada Muslim, Arab, dan Asia Selatan selama 20 tahun terakhir."

Sumber

https://www.middleeasteye.net/news/us-biden-nominates-first-muslim-woman-federal-judge-choudhury

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement