Selasa 08 Feb 2022 16:30 WIB

MWL Desak Muslim Kerja Sama Perangi Ekstremisme

MWL Desak Muslim Kerja Sama Perangi Ekstremisme

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
MWL Desak Muslim Kerja Sama Perangi Ekstremisme. Foto:   Ilustrasi Radikalisme
Foto: Republika/Mardiah
MWL Desak Muslim Kerja Sama Perangi Ekstremisme. Foto: Ilustrasi Radikalisme

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Mufti agung Arab Saudi mendesak umat Islam untuk berjuang demi persatuan. Hal tersebut ia sampaikan saat berbicara pada sesi ke-45 Dewan Tertinggi Liga Dunia Muslim (MWL), Ahad (6/2).

Kala itu, Sheikh Abdulaziz bin Abdullah Al-Asheikh menekankan perlunya umat Islam, terlepas dari warna kulit, ras, suku, bahasa, adat istiadat, budaya atau negara mereka, agar memperkuat ikatan yang menyatukan mereka.

Baca Juga

Dia juga mengatakan Arab Saudi telah memikul tanggung jawab berat dalam mendukung Islam dan Muslim di seluruh dunia, dengan memperhatikan keprihatinan mereka, mengatasi masalah mereka, berdiri bersama mereka dalam krisis dan penderitaan mereka, serta membela mereka di forum regional dan internasional.

Dilansir di Arab News, Selasa (8/2), Sekretaris MWL Dr. Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa menggarisbawahi peran organisasi dalam upaya mengklarifikasi pesan Islam kepada dunia. Hal ini utamanya yang berkaitan dengan memerangi ide-ide ekstremisme dan terorisme, serta mempromosikan kesadaran di dalam komunitas Islam.

Ketua Dewan Fatwa UEA dan Forum Promosi Perdamaian bagi Komunitas Muslim, Sheikh Abdullah bin Bayyah, menyampaikan penghargaannya atas pekerjaan yang dilakukan oleh MWL.

"Beberapa tahun terakhir kita menyaksikan penerbitan 'Deklarasi Mekah', yang menyebabkan penerimaannya di seluruh dunia oleh umat Islam dan lainnya, karena itu adalah buah dari upaya yang tulus," katanya.

Deklarasi yang disahkan di Makkah pada 2019 ini bertujuan untuk menciptakan seperangkat prinsip yang mendukung narasi anti-ekstremisme, keragaman agama dan budaya, maupun undang-undang melawan kebencian dan kekerasan.

Mufti besar Mesir, Dr. Shawki Allam, mengatakan salah satu faktor terpenting dalam mengatasi risiko yang dihadapi hari ini adalah mendukung upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan negara. Tujuannya, untuk mencapai pembangunan yang komprehensif dan berkelanjutan, serta mencapai pertumbuhan ekonomi yang diperlukan untuk memenuhi harapan dan aspirasi masyarakat.

Presiden Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Dr. Abdul Rahman Al-Sudais, mengakui upaya MWL dalam mencapai pesan Islam dan globalnya.

Tak hanya itu, ia juga memuji upaya MWL di forum internasional untuk mempromosikan perdamaian dan toleransi, menolak konflik dan kebencian, memerangi Islamofobia dan mendukung dialog antara budaya dan peradaban yang berbeda.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2020246/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement