Selasa 08 Feb 2022 10:03 WIB

4 Pesan Keseimbangan yang Terkandung dalam Surat Al Jumuah

Surat Al Jumuah juga mempunyai banyak manfaat untuk umat Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Surat Al Jumuah. Surat Al Jumuah juga mempunyai banyak manfaat untuk umat Islam
Foto: Dok Istimewa
Surat Al Jumuah. Surat Al Jumuah juga mempunyai banyak manfaat untuk umat Islam

REPUBLIKA.CO.ID, —Surat Al Jumuah diturunkan setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Hal ini menjadikannya sebagai surah Madaniyah. 

Surat ini terdiri dari 11 ayat, 180 kalimat, dan 576 huruf. Dan tentunya, ada banyak penjelasan dalam setiap ayatnya.   

Baca Juga

Ada banyak pesan terkandang dalam surat Al Jumuah. Di antaranya dalam tiga ayat terakhir dari surat Al Jumuah menyebutkan kewajiban sholat Jumat. 

Selain anjuran tersebut, terdapat empat pelajaran yang diambil dari surat Al Jumah, sebagaimana dilansir laman aboutislam.net. Pesan itu antara lain terdapat dalam tiga ayat terakhir surat Al Jumuah yakni ayat 9-11: 

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ.فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ.وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا ۚ قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ ۚ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ 

“Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan) untuk melaksanakan salat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. 

Apabila sholat (Jumat) telah dilaksanakan, bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.

Apabila (sebagian) mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera berpencar (menuju) padanya dan meninggalkan engkau (Nabi Muhammad) yang sedang berdiri (berkhotbah). Katakanlah, “Apa yang ada di sisi Allah lebih baik daripada permainan dan perdagangan.” Allah pemberi rezeki yang terbaik.”

Pertama, menguatkan kedudukan sunnah Nabi 

Tiga ayat terakhir surat Al Jumuah mungkin merupakan bukti terkuat tentang posisi dan peran sunnah. Ketika ayat-ayat itu diturunkan, baik sholat Jumat dan adzan untuk beberapa waktu ditetapkan sebagai ibadah agama.  

Di sini Alquran tidak mengatur keduanya. Itu hanya menegaskan apa yang sudah ada, memberikan panduan pendidikan dan etika lebih lanjut tentang mereka. 

Kedua, menyeimbangkan antara kebutuhan tubuh dan jiwa, materi dan roh, dan antara dunia ini dan akhirat.  

Segala sesuatu harus diberikan haknya, tetapi spiritualitas lebih diutamakan daripada yang lainnya. Selain itu, materi tidak lebih dari sarana untuk mencapai kesejahteraan spiritual. 

Keridhaan Allah SWT dan jannah-Nya (Surga) adalah tujuan perjuangan orang beriman. Mereka adalah akhir dari semua tujuan lainnya. 

Filosofi ini terangkum dalam ketiga ayat surat Al Jumuah tersebut. Allah SWT berfirman bahwa ketika adzan dikumandangkan untuk sholat Jumat sebagai salah satu kewajiban paling mendasar dalam Islam. 

Sebaliknya, mereka harus mempercepat shalat dan meninggalkan perdagangan. 

Ketiga, ayat kesepuluh surat Al Jumuah mengandung hikmah untuk melanjutkan tentang hubungan antara materi dan roh, dan antara keterlibatan duniawi dan spiritual.

Usai sholat Jumat, Allah SWT memerintahkan untuk kembali segera mencari rezeki di bumi Allah. Dan harus mengingat ketika mendapatkan nikmat tersebut adalah karunia Allah sehingga sudah sepatutnya bersyukur kepada Allah SWT. 

Keempat, ayat sembilan menyebutkan uang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. 

Paradigma Islam adalah satu-satunya yang menjamin kesuksesan di kedua alam yaitu di dunia dan akhirat, seperti yang telah terjadi terbukti berkali-kali melalui sejarah. Itu karena sumbernya adalah Allah SWT yang memiliki rezeki yang terbaik. 

 

Sumber: aboutislam  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement