Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

3 Peristiwa yang Terjadi pada Rajab, Salah Satunya Hijrah Pertama

Selasa 08 Feb 2022 09:26 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Hijrah, ilustrasi. Sejumlah peristiwa terjadi pada Rajab dari turunnya Al Kahfi hingga hijrah

Hijrah, ilustrasi. Sejumlah peristiwa terjadi pada Rajab dari turunnya Al Kahfi hingga hijrah

Sejumlah peristiwa terjadi pada Rajab dari turunnya Al Kahfi hingga hijrah

REPUBLIKA.CO.ID, —Ketika Nabi Muhammad SAW berdakwah, serangkaian penganiayaan terhadap Muslim dimulai pada akhir tahun keempat kenabian Nabi.

Allah SWT kemudian menurunkan firman dan perintah-Nya kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa itu terjadi pada Rajab di antaranya, melansir laman aboutislam.net, sebagai berikut: 

Baca Juga

Pertama, turunnya surat Al Kahfi  

Pada saat yang suram dan putus asa itulah surat Al Kahfi diturunkan yang berisi jawaban pasti atas pertanyaan-pertanyaan yang terus-menerus direcoki oleh orang-orang musyrik Makkah kepada Nabi Muhammad SAW, salah satunya adalah ayat 16 surat Al Kahfi: 

وَإِذِ اعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ فَأْوُوا إِلَى الْكَهْفِ يَنْشُرْ لَكُمْ رَبُّكُمْ مِنْ رَحْمَتِهِ وَيُهَيِّئْ لَكُمْ مِنْ أَمْرِكُمْ مِرْفَقًا

“Karena kamu juga telah meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka berlindunglah ke dalam gua itu. (Dengan demikian,) niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan bagimu sesuatu yang berguna bagi urusanmu.”

Ketiga,  turunnya surat Az Zumar 

Surat ini kemudian diturunkan Allah SWt memerintahkan langsung umat Islam untuk hijrah dan menyatakan bahwa bumi cukup luas dan orang-orang beriman tidak boleh menganggap diri mereka dibatasi oleh kekuatan tirani dan kejahatan, disebutkan dalam surat Az Zumar ayat 10: 

قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa perhitungan.” 

Ketiga, hijrah pertama 

Pada Rajab tahun kelima kenabian, sekelompok sahabat yang terdiri dari 12 pria dan empat wanita berangkat ke Abyssinia (Ethiopia). Di antara para muhajirin adalah Utsman bin Affan dan istrinya Ruqaiyah. 

Mereka menyelinap keluar dari Makkah di bawah tirai tebal malam yang gelap dan menuju laut di mana dua perahu kebetulan berlayar ke Abyssinia (Ethiopia), tujuan mereka.

 

Sumber: aboutislam   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA