Selasa 08 Feb 2022 08:39 WIB
SEA GAMES 2021

Perbasi Pasang Target Emas SEA Games 2022 untuk Basket Putri

PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional memanggil 20 pemain putri

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
 Pebasket putri Indonesia Jacklien Ibo (kedua kiri) mempertahankan bola dari pebasket putri Mesir Nada Gasser (tengah) pada pertandingan di Islamic Solidarity Games (ISG), di Palembang Sport and Convention Center, Selasa (17/9)
Foto: ANTARA FOTO
Pebasket putri Indonesia Jacklien Ibo (kedua kiri) mempertahankan bola dari pebasket putri Mesir Nada Gasser (tengah) pada pertandingan di Islamic Solidarity Games (ISG), di Palembang Sport and Convention Center, Selasa (17/9)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia (PP PERBASI) optimistis timnas bola basket Indonesia Putri mampu merebut medali emas di ajang SEA Games 2022 yang akam digelar bulan Mei mendatang di Hanoi, Vietnam.

"Di SEA Games 2022 nanti, kita targetkan semaksimal mungkin, yaitu medali emas. Harusnya kita mampu," terang Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (8/2/2022).

Timnas bola basket Indonesia Putri memang belum bisa persembahkan emas. Capaian terbaik adalah meraih perunggu. Empat perunggu telah dikoleksi Timnas bola basket Indonesia putri selama ikuti Sea Games, masing-masing pada edisi 1991, 2015, 2017, dan 2019.

Menghadapi Sea Games ke-31 di Vietnam, PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional memanggil 20 pemain putri terbaik bangsa. Mayoritas mereka adalah bagian dari amunisi Sea Games sebelumnya dan skuad yang turun di FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B di Amman, Jordania.

Para Srikandi bola basket Indonesia tersebut menjalani training center (TC) sejak 3 Februari 2022 di GOR Cahaya Lestasi Surabaya.

TC kali ini untuk dua timnas sekaligus. Timnas bola basket Indonesia 5x5 putri dan Timnas bola basket Indonesia 3x3 Putri. Untuk yang 5x5 di bawah asuhan pelatih Lin Che Wen. Sementara pelatih July Wong ditugaskan memoles 3x3.

"Pelatih minta untuk 12 pemain yang ke Jordania dipanggil kembali karena menurut beliau mereka sudah mengerti sistem permainan yang dia mau terapkan. Lalu ditambah delapan orang pemain dari hasil pemantauan beliau di Liga Mahasiswa, tournament ultah GMC, dan para pemain dengan potensi tinggi di luar negeri," jelas Manajer Timnas bola basket putri Christopher Tanuwidjaja.

Sebanyak 12 pemain yang berjuang bersama Coach Lin Chi Wen di FIBA Women's Asia Cup 2021 adalah Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Agustin Elya Gradita Retong, Kadek Pratita Citta Dewi, Priscilla Annabel Karen, dan Sumiati. Kemudian ada Yuni Anggraeni, Mega Nanda Perdana Putri, Nathania claresta Orville, Gabriel Sophia, Henny sutjiono, Kimberley Pierre Louis, dan Angelica Jennifer Candra.

Mereka akan bersaing dengan delapan pemain hasil pemantauan di beberapa kejuaraan. Untuk Timnas Bolabasket Indonesia Putri 5x5 disediakan slot 12 pemain. Sementara untuk Timnas Bolabasket Indonesia Putri 3x3 disediakan slot 4 pemain.

"Tapi tidak menutup kemungkinan 1 pemain akan kita panggil untuk memperkuat dua events yang berbeda tersebut. Dalam seleksi, tidak ada promosi dan degradasi. Yang ada hanya terpilih masuk ke dalam squad utama atau tercoret," jelas Christopher.

Daftar 20 Pemain untuk Timnas Putri SEA Games Vietnam

1. Adelaide Calista Wongsohardjo (GMC Cirebon)

2. Agustin Gradita Retong (Merpati Bali)

 3. Clarita Antonio (Surabaya Fever)

4. Faizzatus Shoimah (GMC Cirebon)

5. Gabriel Sophia (Surabaya Fever)

6. Henny Sutjiono (Surabaya Fever)

7. Husna Aulia Latifah (Merpati Bali)

8. Kadek Pratita Citta Dewi (Merpati Bali)

9. Kea Kahol (center - Surabaya Fever)

10. Natasha Debby Christaline (Surabaya Fever)

11. Nathaniel Claresta Orville (Surabaya Fever)

12. Priscilla Annabel Karen (Scorpio Jakarta)

13. Yuni Anggraeni (sahabat Semarang)

14. Sumiati (Surabaya Fever)

15. Kimberley Pierre Louis

16. Mega Nanda Perdana Putri  (Surabaya Fever)

17. Angelica Jennifer Candra (Mataram Jogjakarta)

18. Peyton Alexis Whitted

19. Dyah Lestari (Sahabat Semarang)

20. Dewa Ayu Made Sriartha (GMC Cirebon)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement