Selasa 08 Feb 2022 10:19 WIB

Misteri Rupa Megalodon, Ilmuwan Pun Dibuat Bingung

Menurut catatan, Megalodon adalah hiu terbesar yang pernah berenang di laut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Model rahang spesies hiu purba C.megalodon di American Museum of Natural History.
Model rahang spesies hiu purba C.megalodon di American Museum of Natural History.

REPUBLIKA.CO.ID, RIVERSIDE -- Lautan Bumi pernah menjadi rumah bagi predator yang benar-benar menakutkan. Predator itu bernama (Otodus megalodon).

Menurut catatan, Megalodon adalah hiu terbesar yang pernah berenang di laut. Rahangnya bisa dengan mudah menelan seluruh manusia.

Baca Juga

Berdasarkan catatan fosil, kita tahu bahwa megalodon benar-benar raksasa. Banyak dari gigi megalodon sebesar tangan manusia.

Tapi hiu sebagian besar jaringan lunak. Tubuh mereka didukung oleh tulang rawan daripada tulang. Sebagian besar sisa-sisa megalodon tidak bertahan selama 3,6 juta tahun sejak kepunahan mereka. Ini berarti para ilmuwan harus menebak seperti apa bentuknya sebagian besar berdasarkan gigi dan tulang belakang itu saja.

Apakah itu unit otot yang tebal seperti si putih besar? Apakah lebih licin dan ramping seperti hiu biru atau runcing seperti hiu goblin?

Menurut studi terbaru, mungkin sekarang adalah waktunya untuk memikirkan kembali bagaimana manusia merekonstruksi binatang purba itu.

“Kenyataannya adalah bahwa saat ini tidak ada cara ilmiah untuk mendukung atau menyangkal keakuratan bentuk tubuh O. Megalodon yang diterbitkan sebelumnya,” tulis tim peneliti yang dipimpin oleh ahli biologi Philip Sternes dari University of California Riverside, dilansir dari Sciencealert, Senin (7/2/2022).

Berdasarkan bukti fosil, perkiraan ukuran megalodon sangat bervariasi-dari sekitar 11 meter hingga lebih dari 40 meter. Namun, umumnya menetap di angka sekitar 15 hingga 18 meter. Ini adalah misteri yang memikat.

Banyak model berasumsi bahwa megalodon sangat mirip dengan hiu putih besar (Carcharodon carcharias), salah satu pemangsa paling ganas di lautan, dan hiu pemangsa terbesar yang hidup saat ini. Hiu putih besar milik keluarga hiu Lamnidae, yang hanya berisi lima spesies yang masih ada.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement