Selasa 08 Feb 2022 07:25 WIB

Manggis dari Perkebunan Purwakarta Diekspor ke China

Manggis Purwakarta sudah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai varietas unggulan

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi buah manggis. manggis yang dihasilkan dari perkebunan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diekspor ke Guangzhou, Shanghai, China.
Foto: Pxhere
Ilustrasi buah manggis. manggis yang dihasilkan dari perkebunan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diekspor ke Guangzhou, Shanghai, China.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Buah manggis yang dihasilkan dari perkebunan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diekspor ke Guangzhou, Shanghai, China.

"Alhamdulillah, manggis sebagai komoditas unggulan khas Purwakarta sekarang bisa menembus pasar internasional. Sejauh ini, kami ekspor ke beberapa negara ASEAN, salah satunya China," kata Bupati Karawang Anne Ratna Mustika di sela pelepasan ekspor manggis ke China di Purwakarta, Jawa Barat, Senin (7/2/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, buah manggis menjadi produk perkebunan khas di Purwakarta yang sangat menjanjikan dari sisi ekonomi. Bahkan kini memiliki daya saing secara global.

Menurut Anne, Pemkab Purwakarta akan terus mendorong produktivitas perkebunan manggis ini terus meningkat, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Untuk memperkuat kualitas, salah satu upayanya ialah dengan memberikan bimbingan mengenai Good Agricultural Practice (GAP) dan Standard Operational Procedure (SOP) kepada para petani.

"Dari sisi kuantitas, kami terus mendorong bagaimana supaya produktivitasnya terus meningkat sehingga, kebutuhan domestik maupun ekspor bisa tetap terpenuhi," kata Anne.

Ia menyampaikan, untuk sementara ini ada 158 ribu pohon manggis, yang sudah teregistrasi 96 persen. Artinya, itu memenuhi untuk ekspor. Dia mengatakan, manggis asal Purwakarta kini sudah terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai varietas unggulan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto mengatakan, ekspor saat ini tujuannya ke China dengan jumlah sekitar 3,5 ton manggis, dikemas dalam 500 boks. Masing-masing boks sekitar 7 kilogram.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement