Selasa 08 Feb 2022 05:50 WIB

Arus Keluar Dana Asing dari Ekuitas Asia Capai Rekor Tertinggi pada Januari 2022

Investor lintas batas menjual ekuitas Asia senilai 8,41 miliar dolar AS pada Januari.

Dana Asing (ilustrasi). Ekuitas Asia menghadapi arus keluar besar pada Januari di tengah kekhawatiran atas lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah AS, dengan Federal Reserve mengindikasikan bahwa ia akan lebih agresif dalam memperketat kebijakan moneternya tahun ini.
Foto: IST
Dana Asing (ilustrasi). Ekuitas Asia menghadapi arus keluar besar pada Januari di tengah kekhawatiran atas lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah AS, dengan Federal Reserve mengindikasikan bahwa ia akan lebih agresif dalam memperketat kebijakan moneternya tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGALURU -- Ekuitas Asia menghadapi arus keluar besar pada Januari di tengah kekhawatiran atas lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah AS, dengan Federal Reserve mengindikasikan bahwa ia akan lebih agresif dalam memperketat kebijakan moneternya tahun ini. Investor lintas batas menjual ekuitas Asia senilai 8,41 miliar dolar AS bersih di Korea Selatan, Taiwan, Filipina, Vietnam, Indonesia dan India pada bulan lalu, menurut data Refinitiv. 

Itu menandai arus keluar terbesar sejak Juli 2021, data dari bursa saham regional menunjukkan. Indeks MSCI Asia Pacific anjlok 4,36 persen pada Januari, menandai penurunan bulanan terbesar dalam enam bulan.

Baca Juga

"Dengan ketidakpastian seputar seberapa perlu agresif Fed, kenaikan imbal hasil obligasi tampaknya mendorong beberapa langkah risk-off di pasar yang menyebabkan arus keluar di ekuitas Asia," kata Jun Rong Yeap, ahli strategi pasar di IG.

Ekuitas India memimpin arus keluar dengan penjualan bersih senilai 4,4 miliar dolar AS, terbesar sejak Maret 2020. Analis mengatakan arus keluar tersebut terutama disebabkan oleh valuasi yang lebih tinggi dan aksi ambil untung oleh investor setelah reli tahun lalu. 

Meskipun terjadi aksi jual besar-besaran oleh investor asing, indeks NSE India turun hanya 0,1 persen bulan lalu, ditopang oleh pembelian yang kuat oleh investor domestiknya.Ekuitas Korea Selatan dan Taiwan juga menghadapi arus keluar masing-masing senilai 3,28 miliar dolar AS dan 1,35 miliar dolar AS pada Januari, ketika saham teknologi terpukul lonjakan suku bunga AS bulan lalu.

Di sisi lain, ekuitas Indonesia dan Thailand menerima arus masuk masing-masing senilai sekitar 400 juta dolar AS. Pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat pada kuartal terakhir tahun lalu, karena konsumsi naik menyusul pelonggaran pembatasan mobilitas anti-virus dan karena harga komoditas yang lebih kuat mendorong ekspor ke rekor tertinggi.

Secara keseluruhan, analis tidak terlalu pesimis tentang prospek aliran ke ekuitas pasar Asia, meskipun ada kerentanan mereka terhadap pengetatan Fed tahun ini."Fiskal dan giro berada dalam kondisi yang lebih baik dari sebelumnya, yang membantu perangkat pendukung kebijakan. Valuasi sederhana, posisi investor ringan, dan fundamental adalah penyangga bagi saham Asia dan emerging market menahan volatilitas jangka pendek," kata Zhikai Chen, kepala Asian Equities di BNP Paribas Asset Management.

"Kami terus memfokuskan pemilihan saham aktif kami pada saham teknologi terpilih, perputaran konsumsi, perusahaan keuangan yang kuat, serta daya tarik peluang digital India dan ASEAN".

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement