Senin 07 Feb 2022 21:38 WIB

Enam Langkah Jaga Kesehatan Paru Menurut Ahli Pulmonologi

Menjaga kesehatan paru makin penting di masa pandemi Covid-19.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Rontgen paru. Kesehatan paru bisa dijaga dengan berbagai cara.
Foto: Nova Wahyudi
Rontgen paru. Kesehatan paru bisa dijaga dengan berbagai cara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infeksi SARS-CoV-2 mengancam sistem pernapasan dan menyerang kesehatan secara keseluruhan. Memiliki paru-paru yang sehat sama dengan memenangkan setengah dari pertempuran.

Ahli pulmonologi di Zen Multispeciality Hospital, Chembur, dr Arvind Kate, mengungkapkan cara merawat paru-paru. Sejak awal 2020, pandemi Covid-19 melonjak ke seluruh dunia setelah muncul dari Wuhan, China.

Baca Juga

Pandemi telah mengubah gaya hidup normal yang selama ini kita anggap remeh. Seolah-olah polusi dan tekanan sehari-hari tidak cukup, virus corona tipe baru (SARS-CoV-2) sekarang mengancam saluran hidung kita dan menjalar ke paru-paru.

Begitu virusnya mencapai paru-paru, gejala Covid-19 akan terasa di seluruh tubuh. Sejak kecil, kita belajar di sekolah bahwa paru-paru dan sistem pernapasan adalah bagian tubuh untuk bernapas. Paru-paru membawa oksigen ke dalam tubuh dan mengirim karbon dioksida keluar tubuh.

 

Cara kerja paru-paru:

Setiap sel dalam tubuh membutuhkan oksigen untuk hidup. Kita bahkan tidak menyadari betapa lancar dan mulusnya paru-paru kita beroperasi. Udara yang kita hirup mengandung oksigen dan gas lainnya.

Saat kita menghirup udara, oksigen akan dipindahkan ke aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh. Oksigen dibawa ke setiap sel dalam tubuh, ditukar dengan gas buang yang disebut karbon dioksida, yang kemudian dibawa kembali ke paru-paru melalui aliran darah dan kemudian dihembuskan. Ini disebut pertukaran gas.

Paru-paru juga mengatur suasana hati kita. Bernapas bukan satu-satunya fungsi yang dijaga paru-paru. Lima fungsi utama paru-paru:

1. Pertukaran gas – oksigen dan karbon dioksida.

2. Pernapasan - pergerakan udara. Produksi suara.

3. Bantuan Penciuman – indra penciuman.

4. Perlindungan – dari debu dan mikroba yang masuk ke dalam tubuh melalui produksi lendir, silia, dan batuk.

Fakta yang tak terhindarkan adalah bahwa kapasitas paru-paru menurun seiring bertambahnya usia. Bagaimana cara merawat kesehatan paru, menurut ahli?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement