Selasa 08 Feb 2022 01:40 WIB

Hari Pers Nasional, Wapres Tekankan Pentingnya Jaga Ekosistem Media

Wapres menekankan pentingnya ekosistem media yang sehat

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nashih Nashrullah
Wakil Presiden Maruf Amin, menekankan pentingnya ekosistem media yang sehat dalam peringatan Hari Pers Nasional, Senin (7/2/2022).
Foto: Dok. BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin, menekankan pentingnya ekosistem media yang sehat dalam peringatan Hari Pers Nasional, Senin (7/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan pentingnya menjaga ekosistem media yang sehat di tengah perkembangan ruang digital. Karena itu, pemerintah mengupayakan keseimbangan ekosistem media di Tanah Air, termasuk kesetaraan di muka hukum. 

"Ini sangat penting untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat, serta mewujudkan relasi kuasa (power relation) dan playing field yang seimbang," ujar Wapres pada acara Konvensi Nasional Media Massa dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional 2022, yang diselenggarakan secara virtual, Senin (7/2/2022). 

Baca Juga

Wapres pun mendukung inisiatif Dewan Pers, perwakilan asosiasi, perusahaan media, dan para jurnalis yang merancang regulasi hak publikasi atau jurnalistik (publisher rights). 

Wapres menilai regulasi ini bertujuan bukan sekadar untuk melindungi kepentingan pers nasional dalam menghadapi dominasi media baru atau platform digital global.

Lebih dari itu, publisher rights adalah unsur penting untuk menjaga ekosistem media tetap sehat. "Publisher right adalah unsur penting untuk menjaga ekosistem media tetap sehat agar kemanfaatan ruang digital dapat dinikmati secara berimbang, dan kedaulatan nasional di bidang digital dapat terwujud," katanya. 

Dia menegaskan, sebagaimana pemerintah negara-negara lain di dunia, Pemerintah Indonesia juga memerhatikan dengan seksama perkembangan industri di bidang teknologi dan dampaknya pada kehidupan masyarakat dalam rangka merumuskan kebijakan yang terbaik. 

Karenanya, dia mengingatkan penggunaan teknologi digital saat ini adalah sebuah keniscayaan. Menurut Wapres, penguasaan dunia digital saat ini penting agar bangsa Indonesia tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain.

"Melek teknologi digital adalah keharusan, termasuk bijak bermedia sosial. Media massa harus membantu menyediakan konten-konten mendidik untuk tujuan tersebut. Akhir kata, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2022 kepada seluruh insan pers Indonesia," kata Wapres.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement