Senin 07 Feb 2022 18:18 WIB

Pentingnya Pengelolaan Keuangan Masjid

Pentingnya pengelolaan keuangan masjid ini telah ditegaskan dalam Alquran.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Institut Akuntansi Masjid Indonesia, Absar Jannatin mengatakan, pentingnya pengelolaan keuangan masjid ini telah ditegaskan dalam Alquran.  "Jadi kalau berbicara mengenai landasan pengelolaan keuangna masjid itu ada satu ayat dalam surah al Baqarah ayat 282," ujar Ustaz Absar saat menjadi narasumber dalam program Republika Ngaji yang ditayangkan di Youtube Republika Official, Kamis (3/2) lalu. 

Dalam surat a Baqarah ayat 282, Allah SWT berfirman, 

Baca Juga

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkan.” (QS al Baqarah ayat 282).

Ustaz Absar menjelaskan, ayat tersebut merupakan ayat terpanjang di dalam Alqur’an. Menurut dia, yang dimaksud penulis dalam ayat tersebut adalah ahli dalam mencatat transaksi keuangan masjid. Karena itu, menurut dia, umat Islam sangat penting untuk mengelola keuangan masjid secara akuntabel, transparan, dan profesional. 

"Jadi bukan ayat perang, bukan ayat jihad, bukan ayat waris, tapi ini menyangkut pengelolaan keuangna masjid," ucap dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement