Senin 07 Feb 2022 16:32 WIB

Cek Biaya Asuransi Mobil, Ini Cara Hitung dan Simulasinya

Sebelum mengambil asuransi mobil, ketahui total premi asuransi mobil yang dibebankan

Montir memperbaiki mobil bekas terendam banjir, di salah satu bengkel mobil di Cawang, Jakarta.
Foto:

Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil 2022

Pemilik asuransi mobil harus mengetahui dan memahami prosedur klaim dengan benar. Hal tersebut bertujuan agar pemilik asuransi dapat merasakan jaminan perlindungan secara menyeluruh sesuai dengan kebutuhan akan risiko kerusakan/kehilangan mobil yang dihadapi.

Berikut syarat dan cara klaim mobil pada umumnya:

Syarat klaim asuransi mobil  

Sebelum menghubungi pihak asuransi, kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen administrasi berikut ini:

●    Polis asuransi asli dan fotokopi.

●    Fotokopi SIM dan STNK.

●    Bukti laporan kepolisian jika mengalami pencurian maupun kecelakaan di jalan raya.

●    Kronologi kecelakaan maupun kehilangan.

●    Bukti foto kerusakan yang dialami oleh mobil tersebut.

●    Siapkan biaya own risk, besarannya sekitar Rp 250 ribu- Rp 300 ribuan.

Cara klaim asuransi mobil

Setelah mempersiapkan dokumen yang perlu diserahkan, kamu perlu mengetahui cara klaim agar tidak mengalami penolakan. Berikut cara klaim asuransi pada mobil:

●    Hubungi pihak asuransi secepatnya. Beberapa perusahaan asuransi memiliki ketentuan waktu klaim asuransi mobil. Biasanya 3x24 jam pasca kejadian kerusakan/kehilangan terjadi. Semakin cepat kamu melaporkan maka orang asuransi akan mensurvei segera mungkin.

●    Persiapkan dokumen dan bukti foto kerusakan. Bukti kerusakan maupun kehilangan sangat penting dalam proses klaim asuransi mobil.

Bila diperlukan, persiapkan juga bukti cctv dimana lokasi kerusakan/kehilangan tersebut berlangsung. Sehingga kamu punya bukti yang kuat bahwa telah terjadi kerusakan/kehilangan mobil.

●    Jelaskan kronologis secara jelas dan detail. Penjelasan kronologis yang jelas dan detail dapat memudahkan pihak asuransi untuk mengklaim kerusakan mobil kamu.

Selain itu, semakin jelas kronologis yang disampaikan maka akan mempermudah proses klaim.

●    Serahkan semua dokumen persyaratan klaim asuransi mobil. Semua dokumen persyaratan seperti fotokopi KTP, SIM dan STNK, polis asuransi dan berbagai dokumen lainnya jangan sampai ada yang terlewatkan.

Jika ada beberapa dokumen yang tertinggal maka akan menghambat proses klaim asuransinya dan tentu saja akan menghabiskan waktu yang terbuang sia-sia.

Kerusakan atas risiko yang terjadi baik dari diri sendiri maupun orang lain bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami faktor biaya premi yang dibebankan, contoh perhitungan biaya premi, serta cara klaim asuransi mobil. Pilihlah asuransi mobil terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu dalam beraktivitas sehari-hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement