Senin 07 Feb 2022 12:45 WIB

Soal KDRT, UAS Jelaskan Makna Ayat 34 Surat an-Nisa

Soal KDRT, Ustad Abdul Somad jelaskan makna ayat 34 surat An-Nisa.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ustadz Abdul Somad.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ustadz Abdul Somad.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Dai kondang Ustaz Abdul Somad turut memberikan penjelasan tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang baru-baru ini banyak diperdebatkan. Menurut dia, Nabi Muhammad SAW tidak pernah memukul orang sehingga tidak masuk akal jika Islam mengajarkan memukul perempuan.

“Nabi tidak pernah memukul orang. Apakah masuk akal jika Islam mengajarkan memukul perempuan?” ujar UAS kepada Republika.co.id, Senin (7/2/2022).

Baca Juga

Kata wadhribuhunna yang berarti “pukullah mereka (istri)” dalam surat an-Nisa ayat 34 juga masih sering disalahpahami. Terkait hal ini, UAS menjelaskan bahwa banyak kata dalam bahasa Arab yang juga berarti memukul.

Di antaranya, memukul dengan tongkat disebut jalada, memukul dengan telapak tangan disebut lathama, memukul dengan tangan menggenggam disebut wakaza, dan memukul dengan kaki disebut rakala.

“Tidak satu pun dari kata ini digunakan pada perempuan,” ujar UAS.

Adapun kata dharaba sendiri menurut UAS tidak semuanya berarti memukul. Misalnya, dalam kalimat dharaba ad-dahr baina al-qaum, artinya adalah waktu telah memisahkan mereka. Kemudian, dharaba 'alaihi bi al-hishar artinya adalah ia dipisahkan dari lingkungannya. Sedangkan kalimat dhuriba 'unuquhu artinya adalah kepalanya dipisahkan dari tubuh.

“Kata dharaba mengandung makna al-muba'adah (menjauhkan) dan al-infishal (memisahkan),” kata UAS.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement