Senin 07 Feb 2022 02:35 WIB

Jual Musik dalam Bentuk NFT, Perusahaan Ini Dikecam Banyak Musisi

Sebuah perusahaan NFT, HitPiece, dikecam karena menjual musik tanpa izin.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Sebuah perusahaan NFT, HitPiece, dikecam karena menjual musik tanpa izin.
Foto: Wikimedia
Sebuah perusahaan NFT, HitPiece, dikecam karena menjual musik tanpa izin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan semakin banyak orang yang tertarik ke dunia NFT (Non-Fungible Token), semakin banyak perlawanan yang setara atau lebih besar dari orang lain. Satu perusahaan NFT. HitPiece, mendapat kecaman, bukan hanya karena kritik biasa terhadap NFT, tetapi karena menjual musik dalam bentuk NFT.

Banyak musisi telah melaporkan bahwa HitPiece mendaftarkan musik asli mereka untuk dijual, berniat untuk menghasilkan uang dari mereka, semua tanpa izin terlebih dahulu. Di sisi lain, HitPiece mengklaim bahwa setiap NFT adalah "unik”.

Baca Juga

“Setiap NFT HitPiece adalah NFT satu dari satu untuk setiap rekaman lagu yang unik. Anggota membangun daftar lagu favorit mereka, naik ke papan peringkat, dan menerima nilai kehidupan nyata seperti akses dan pengalaman dengan artis. HitPiece sedang membangun solusi bagi artis perekaman untuk dapat mencetak NFT lagu eksklusif yang tidak didistribusikan ke DSP komersial, memonetisasinya di metaverse, dan menyediakan cara unik bagi penggemar untuk berinteraksi dengan musik,” tulis HitPiece di laman websitenya dilansir Korea Boo, Ahad (6/2/2022).

Meskipun itu mungkin terdengar bagus dan diinginkan untuk penggemar musik artis, ada banyak yang salah. Menurut artis dan musisi, HitPiece tidak memiliki wewenang untuk melakukan semua ini. Karena itu, mereka menuntut HitPiece menghapus jejak musik musisi itu dari platform.

Banyak musisi populer yang terpengaruh oleh hal ini, seperti Drake, The Beatles, dan artis Indie. Ini juga termasuk beberapa artis K-pop paling populer. Lagu “Stay Gold” BTS, “Lalisa” Lisa Blackpink, dan DJ Snake, Ozuna, Megan Thee Stallion, dan “SG” Lisa termasuk dalam daftar lagu yang tersedia untuk dibeli. Rupanya, pembuat HitPiece menggunakan data dari Spotify untuk membuat "NFT asli" mereka.

Selain itu, pria di belakang HitPiece bermasalah. The Human Fly membagikan utas Twitter di Rory Felton. Semua kontroversi seputar situs web NFT berbasis musik ini membuat orang bertanya-tanya apa artinya ini dalam hal K-pop dan NFT. Beberapa perusahaan hiburan di Korea Selatan telah memprakarsai rencana untuk keterlibatan mereka dalam cryptocurrency, metaverse, dan dunia token yang tidak dapat dipertukarkan.

ACE adalah grup K-pop pertama yang menandai barang dagangan mereka sebagai NFT, merilis koleksi digital untuk para penggemar pada April 2021. Saat itu, agensi Asian Agent membela pilihan itu dari kritik penggemar.

Tahun lalu, HYBE menjadi berita utama dengan mengumumkan bahwa perusahaan itu telah bergabung dengan Dunamu. Dalam melakukannya, mereka menjual NFT, pada dasarnya album digital atau kartu foto, dari artis mereka. Ini diterima dengan banyak reaksi dari penggemar BTS, ARMY karena banyak yang merasa itu bertentangan dengan pesan BTS.

“Sebagai contoh, saya pikir kita dapat membuat penggemar berkumpul dan bertukar kartu satu sama lain di ruang virtual seperti komunitas daring, seperti Weverse yang baru saja Anda sebutkan. Kami akan berpikir keras dan berkonsentrasi untuk mengembangkan layanan yang lengkap sehingga konvergensi teknologi fintech Dunamu dan HYBE dapat menghadirkan pengalaman berbagi nilai dan pertukaran nilai bagi penggemar di seluruh dunia,” tulis Ketua Dewan Direksi Dunamu, Song Chi-hyung.

Demikian juga, RBW baru-baru ini mengakuisisi DSP Media berharap dapat memanfaatkan 1.000 lebih lagu. CEO RBW Kim Jin-woo mengatakan dengan akuisisi ini, perusahaan dapat mempersiapkan bisnis baru yang terkait dengan metaverse, seperti NFT, menggunakan IP musik, dengan skala dan kecepatan. 

“Ini adalah kesempatan penting untuk branding generasi berikutnya RBW bersama dengan sejarah 30 tahun DSP Media,” kata Kim.

Sementara banyak penggemar K-pop khawatir tentang bagaimana keterlibatan perusahaan dengan NFT akan mempengaruhi artis, beberapa idola sendiri telah terlibat langsung. Mantan anggota Girls' Generation Jessica menjual NFT dirinya. Sebelumnya, dia mempromosikannya di Instagram Stories-nya, menghubungkan perusahaan di belakangnya.

Namun, ada daftar masalah yang tak ada habisnya dengan NFT. Salah satu masalah terbesar adalah dampak lingkungan. Tidak mungkin mengabaikan jejak karbon NFT. Menurut QUARTZ, selama siklus hidupnya, NFT rata-rata akan menghasilkan jejak 211 kg CO2, setara dengan mengemudi 513 mil di mobil bertenaga bensin khas AS.

Masalah besar lainnya adalah sementara banyak yang berpikir itu cara yang bagus untuk menghasilkan uang, tetapi itu sebenarnya membuat artis lebih mudah untuk dimanfaatkan. Pencurian seni adalah masalah serius dengan NFT, dan banyak seniman telah dicuri. HitPiece adalah contoh lain dari pencurian seni yang terbaik. 

Saat ini, situs HitPiece dalam mode beta. Tautan untuk lagu muncul dengan pesan kesalahan ke situs web. Demikian juga, mereka membagikan pos ke Instagram, berterima kasih kepada pengguna atas kesabaran mereka saat mereka memasuki kembali mode beta.

Baru-baru ini, mereka memposting pesan yang lebih rinci di Twitter, lokasi asli di mana musisi telah memanggil mereka di tempat pertama. HitPiece berusaha mengklarifikasi bahwa artis akan dibayar jika NFT dijual.

Namun, banyak yang menunjukkan betapa salahnya mendaftarkan seni apa pun sejak awal tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mereka. Aktris pengisi suara Amerika, Erika Harlache menekankan, “Jangan menjual karya saya tanpa izin saya”, dalam pernyataannya.

Seniman terus meningkatkan kesadaran akan sifat penipuan HitPiece. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement