Ahad 06 Feb 2022 17:43 WIB

Pemkot Surabaya Siapkan RSLT untuk Isolasi Pasien Covid-19

RSLT untuk isolasi pasien Covid-19 akan dibuka Senin (7/2/2022)

Ilustrasi: Ruang perawatan pasien Covid-19.  RSLT untuk isolasi pasien Covid-19 akan dibuka Senin (7/2/2022)
Foto: Anadolu Agency
Ilustrasi: Ruang perawatan pasien Covid-19. RSLT untuk isolasi pasien Covid-19 akan dibuka Senin (7/2/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA— Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan tempat khusus sebagai isolasi terpusat bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT) Kedung Cowek.

"Rencananya RSLT akan kembali dibuka, mulai Senin (7/2/2022) besok," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya Ridwan Mubarun, saat kegiatan kerja bakti di RSLTdi Surabaya, Jawa Timur, Ahad (6/2/2022).

Baca Juga

Menurut dia, dibukanya RSLT tersebut sesuai dengan arahan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang meminta untuk menyiagakan tempat isolasi terpusat. Dengan adanya tempat isolasi terpusat akan lebih mempermudah untuk memantaudan menangani pasien.

Sementara untuk peralatan di RSLT, kata Ridwan, masih sama seperti semula dan tinggal menata kembali. "Jadi semuanya masih ada di sana, seperti kipas angin, tempat tidur, tabung dan oksigen," ujar dia.

 

Ridwan menambahkan, pada pelaksanaan kerja bakti kali ini, sebanyak 300 personel gabungan dari beberapa organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemkot Surabaya telah diterjunkan untuk membantu menyiapkan tempat isolasi terpusat, yakni ikut melakukan perbaikan fasilitas di RSLT.

Untuk kerja bakti ini dibantu oleh personel Linmas, Satpol PP, dinas kesehatan (dinkes), dinas lingkungan hidup (DLH), dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman serta pertahanan (DPRKPP), serta dinas sumber daya air dan bina marga (DSDABM).

RSLT ini pernah digunakan Pemkot Surabaya sebagai tempat perawatan pasien Covid-19 pada 12 Juli 2021 hingga 10 Agustus 2021, khususnya saat varian delta merebak di Kota Pahlawan itu.

RSLT juga mampu menampung 1.000 pasien dengan jumlah total ruangan yang terdiri dari A, B, C D dan E. Pelayanan di RSLT juga hampir sama dengan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di rumah sakit lain, karena telah dilengkapi dengan ruangan IGD, rawat inap, radiologi, farmasi hingga laboratorium.    

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement