Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Bangkitkan Ekonomi, Sukabumi Buka Gerai UMKM Lapang Merdeka

Keberadaan gerai ini merupakan terobosan baru dalam pengembangan UMKM.

Rep: Riga Nurul Iman
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.
istimewa Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya membangkitkan ekonomi dari dampak pandemi terus dilakukan. Salah satunya di Kota Sukabumi yang menyediakan gerai UMKM di ruang publik Lapang Merdeka Kota Sukabumi.

Sponsored
Sponsored Ads

Peresmian gerai UMKM Lapang Merdeka ini dilakukan Unsur Forkopimda Kota Sukabumi dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jawa Barat pada Sabtu (5/2/2022) lalu. Hadir dalam peresmian Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan unsur forkopimda serta Kepala Bidang Usaha Kecil Diskuk Provinsi Jawa Barat Tatang Suryana.

"Gerai ini merupakan program unggulan pelaku UMKM Juara di Kota Sukabumi dan bisa mewakili produk UMKM Kota Sukabumi," ujar Kepala Bidang Usaha Kecil Diskuk Jabar Tatang Suryana. Dengan gerai ini jadi pusat informasi UMKM juara dan pelatihan serta pengembangan UMKM Sukabumi.

Scroll untuk membaca

Keberadaan gerai ini merupakan terobosan baru dalam pengembangan UMKM. Nantinya, bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam menempatkan gerai UMKM di sarana ruang publik.

"Peresmian ini bersejarah karena membuka gerai untuk menampung UMKM. Di mana ketika Lapang Merdeka dibangun maka diharapkan ada space atau ruang untuk para pelaku UMKM," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Hal ini juga menjawab pertanyaan setiap dirinya melakukan penataan wilayah. Di mana dengan hadirnya gerai ini menunjukkan keberpihakan pemerintah dalam menyiapkan sarana untuk UMKM.

"Alhamdulillah kolaborasi Pemprov Jabar dan Pemkot Sukabumi serta UMKM Jabar Juara serta Dekranasda bersepakat ruang ini bagi ajang UMKM meningkatkan grade kelas mereka dari rumahan tampil di space ini," ungkap Fahmi. 

Nantinya, di gerai UMKM Jabar juara, ketika suasana melandai, maka space dimanfaatkan untuk kegiatan UMKM seperti pelatihan dan pelaku kuliner disiapkan bazar disana. Meskipun dengan gerai terbatas, namun harus dimanfaatkan dengan optimal agar UMKM semakin naik kelas. 

"Intinya, gerai ini, menguatkan UMKM di Kota Sukabumi dan semangat menjadi UMKM juara tidak hanya di Sukabumi, Jabar tapi nasional dan mendunia," ucapnya.

Fahmi mengatakan, gerai ini juga sebagai bagian dari recovery ekonomi sebagaimana yang diarahkan pemerintah pusat. Harpaannya, program ini bisa makin memperkuat UMKM agar sehat dan kuat dalam menghadapi pandemi.

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>