Ahad 06 Feb 2022 10:53 WIB

Mengapa Rasulullah SAW Diminta Teladani Nabi Dawud AS?

Nabi Dawud alaihissalam mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Rasulullah SAW. Rasulullah SAW diminta untuk meneladani Nabi Dawud alaihissalam yang mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Rasulullah SAW. Rasulullah SAW diminta untuk meneladani Nabi Dawud alaihissalam yang mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, — Nabi Dawud alaihissalam mendapatkan banyak keutamaan dari Allah SWT. Perjalanan hidupnya menjadi hikmah bagi umat Nabi Muhammad SAW. 

Sebab itu Alquran mengabadikan kisah Nabi Dawud. Pada surat Shad ayat 17 digambarkan bahwa Nabi Dawud itu adalah nabi yang kuat.

Baca Juga

 اصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوُودَ ذَا الْأَيْدِ ۖ إِنَّهُ أَوَّابٌ

“Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan; dan ingatlah hamba Kami Dawud yang mempunyai kekuatan, sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan).” 

Pakar tafsir Alquran yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran (PSQ), Ustadz Syahrullah Iskandar, menjelaskan bahwa pada ayat itu Allah SWT memerintahkan pada Nabi Muhammad bersabar akan cacian dan perkataan orang-orang kafir Quraisy.  

Allah pun meminta Rasulullah SAW untuk mengingat tentang kisah Nabi Dawud yang dikaruniai kekuatan baik secara fisik maupun kekuasaan. 

Kendati demikian, Ustadz Syahrullah mengatakan bahwa Nabi Dawud itu adalah manusia yang senantiasa mengembalikan segala urusan kepada Allah SWT serta senang dalam beribadah. 

Setiap hari Nabi Dawud menggunakan separuh malamnya untuk beribadah kepada Allah SWT, dan dia pun berselang-seling hari melakukan puasa.

Nabi Dawud itu salah satu contoh yang sangat diteladani Rasulullah SAW. Maka dalam satu riwayat, Rasulullah SAW mengomentari Nabi Dawud itu kana 'abdal basyar bahwa Nabi Dawud itu manusia yang paling beribadah pada Allah SWT, nilai ibadahnya itu lebih dari manusia lainnya.

“Itulah sanjungan Nabi Muhammad kepada Nabi Daud," kata Ustadz Syahrullah yang juga anggota komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam kajian tafsir surat Shad ayat 17- dalam kitab al-Qishah fi Alquran al-Karim tafsir karya Syekh Muhammad Sayyid Tanthawi yang diselenggarakan Nasaruddin Umar Office (NUO) secara virtual beberapa waktu lalu. 

"Ini menunjukan bagaimana posisi Nabi Dawud yang tinggi dan karunia yang Allah berikan. Kisah Nabi Dawud ini menginspirasi Nabi Muhammad SAW sehingga menguatkan Nabi menjalankan risalah," katanya.    

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement