Sabtu 05 Feb 2022 20:43 WIB

Teleskop James Webb akan Ungkap Rahasia 11 Bumi Super

Teleskop James Webb akan mempelajari 11 bumi super.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Agung Sasongko
Bumi Super (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/M.A.PUSHPA KUMARA
Bumi Super (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, CALIFORNIA -- Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) dijadwalkan untuk memulai serangkaian studi di exoplanet. Salah satu proyek tersebut akan mempelajari 11 “Bumi super”, yang seukuran Bumi dan Neptunus. 

“Di tata surya kita, kita memiliki dunia berbatu dalam dan planet gas luar-tetapi exoplanet paling umum yang kita lihat sebenarnya berada di antara keduanya,” Natasha Batalha, seorang ilmuwan peneliti di NASA Ames Research Center di California mengatakan dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Space, Kamis (3/2/2022). “Keragaman planet yang kami temukan di dalam galaksi jauh melebihi keragaman planet di tata surya kita sendiri,” katanya.

Baca Juga

Meskipun menemukan begitu banyak planet, para ilmuwan hanya tahu sedikit tentang jenis bumi super, seperti seberapa layak dihuni dan bagaimana mereka terbentuk. Tantangan utamanya adalah tidak ada planet seperti ini yang dapat dipelajari oleh para ilmuwan di dekat rumah, jadi Batalha dan rekan-rekannya akan mengubah visi kuat Webb menjadi serangkaian super-Bumi dengan harapan membuka beberapa wawasan.

Penelitian super-Bumi bukanlah satu-satunya proyek exoplanet yang telah direncanakan oleh para ilmuwan Ames untuk tahun pertama Webb; NASA menyoroti dua investigasi lain yang ditetapkan untuk studi tahap awal oleh Webb.

Yang pertama adalah studi di sembilan planet yang kurang masif dan lebih dingin daripada dunia yang dipelajari dengan lebih baik, dipimpin oleh astrofisikawan Ames Thomas Greene. Yang kedua, yang mencakup partisipasi Batalha, memusatkan perhatian pada dua planet dalam sistem TRAPPIST-1 dan tiga dunia berbatu lainnya.

Untuk dua studi terakhir ini, Webb akan bekerja untuk menentukan apakah sebuah planet memiliki atmosfer sama sekali, dan jika ya, terbuat dari apa. Para ilmuwan tidak yakin apakah planet yang terletak sangat dekat dengan bintangnya dapat memiliki atmosfer yang substansial, karena energi bintang dapat meledakkannya. (Contoh dari dunia yang meragukan adalah TRAPPIST-1b.)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement