Sabtu 05 Feb 2022 20:38 WIB

Zaskia Adya Mecca Ingat Pesan Alm Julia Perez Soal Vaksinasi HPV

Alm Julia Perez wafat setelah berjuang melawan kanker serviks.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Aktris - Zaskia Adya Mecca
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Aktris - Zaskia Adya Mecca

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Selebritis, Zaskia Adya Mecca, sangat peduli dengan kesehatan dirinya juga keluarganya. Salah satu bentuk kepeduliannya kepada kesehatan adalah dengan melakukan vaksinasi termasuk vaksin human papilloma virus (HPV) untuk mencegah kanker serviks.

Kesadaran akan pentingnya vaksin untuk mencegah kanker tersebut muncul saat Zaskia mengetahui penyakit yang dialami almarhumah Julia Perez. Kala itu, Julia Perez banyak menjelaskan soal penyakit ini pada Zaskia. Bahkan almarhumah juga mengingatkan Zaskia untuk melakukan vaksinasi HPV.

Baca Juga

"Untuk saya namanya vaksin serviks, papsmear, hanya dengar selintas dan tidak tahu seberapa penting vaksin tersebut buat saya dan perempuan," ujarnya dalam acara webinar Hari Kanker Sedunia 2022, Jumat (4/2/2022).

Dengan ada contoh dari almarhumah Julia Perez mengingatkan semua perempuan Indonesia seberapa pentingnya peduli dan sadar akan kesehatan diri. "Omongan almarhumah saya inget banget," ujarnya.

Semenjak itu, Zaskia yang memiliki anak perempuan mulai tersadar. Akhirnya, sebagai orang tua, Zaskia ingin memberikan investasi terbaik untuk anak, salah satunya investasi kesehatan.

"Investasi kesehatan bisa diberikan ke anak-anak dalam bentuk vaksin yang lengkap," tambahnya.

Anak pertamanya, Sybill sudah mendapatkan vaksin HPV lengkap. Saat ini usianya menginjak 11 tahun.

“Insya Allah merasa bersyukur saja sudah bisa memberikan perlindungan dia sejak dini, karena buat saya vaksin itu adalah hak anak, kewajiban orangtualah memberikan. Jangan sampai kita tidak memberikan hak anak," ujarnya.

Zaskia mengatakan ia juga akan memberikan vaksinasi HPV pada anak keduanya Kala yang juga perempuan.

Menurut Zaskia, sebelum melakukannya pada anak, sebaiknya mulai dari diri sendiri. Lindungi diri kita dengan vaksin ini. Jangan lupa screening rutin dengan papsmear. Setelah diri terlindungi, lakukan pada anak perempuan kita.

"Kanker serviks ini adalah jenis kanker yang mematikan. Kanker ini bisa kita cegah dengan vaksin. Kalau bisa dicegah kenapa tidak dilakukan, ini bentuk investasi terbaik buat kita kepada anak perempuan kita dan diri kita juga," tambahnya.

Zaskia mengatakan setiap perempuan, setiap ibu itu menjadi tiang dirumah, tiang kelaurga. Karena itu, penting sebagai seorang perempuan untuk terus mengupdate diri untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi. Setelah itu, berikan informasi itu kepada keluarga kita.

"Jadi makanya saya tuh enggak pernah males untuk belajar, enggak pernah berhenti belajar. Saya selalu ingin menggali informasi karena setiap hari selalu ada berita-berita informasi baru," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement