Sabtu 05 Feb 2022 08:03 WIB

Gerak Cepat Manajemen The Citizens Antisipasi Kepergian Guardiola

Saat ini, kontrak Guardiola bersama City akan berakhir pada 2023

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
 Reaksi pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Chelsea di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (15/1/2022).
Foto: AP/Dave Thompson
Reaksi pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City dan Chelsea di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Sabtu (15/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Direktur Olahraga Manchester City, Txiki Begiristain, sepertinya menjadi sosok yang paling sibuk di manajemen The Citizens dalam empat hari terakhir.

Setelah merampungkan perekrutan Julian Alvarez, manajeman The Citizens memperpanjang kontrak bek sayap asal Portugal, Joao Cancelo, dan sejumlah pemain muda.

Dengan banderol transfer dikabarkan mencapai 14 juta poundsterling, City mererkrut Julian Alvarez dari River Plate. Striker asal Argentina itu rencananya mulai memperkuat The Citizens pada musim depan setelah melakoni masa peminjaman di River Plate pada paruh kedua musim ini.

Kemudian, City mencapai kesepakatan dengan Cancelo terkait perpanjangan kontrak. Eks bek sayap Juventus itu diikat City dengan durasi kontrak anyar hingga 2027 mendatang.

Selain itu, ada pula James McAtee yang menandantangani kontrak baru berdurasi tiga tahun. Penggawa tim junior City itu diharapkan terus membela City hingga 2026.

Tidak hanya McAtee. City juga memperpanjang kontrak dua penggawa tim City U-23, Josh Wilson-Esbrand dan Oscar Bobb. Sementara Wilson-Elsbrand dikontrak hingga 2027, Bobb mendapatkan kontrak anyar dengan durasi hingga 2026.

Semua kontrak anyar ini pun ditandatangani langsung oleh Begiristain. Hanya dalam rentang waktu empat tahun, pemain City yang diikat kontrak setidaknya hingga 2025/2026 atau lebih meningkat dari sembilan pemain menjadi 13 pemain.

Kabarnya, manajemen City sudah menyiapkan proposal perpanjangan kontrak untuk Raheem Sterling, Phil Foden, dan Bernardo Silva. Langkah ini dianggap sebagai rencana jangka panjang manajemen City, setidaknya hingga empat tahun mendatang, untuk menjaga kualitas skuad The Citizens.

Manajemen City pun banyak memberikan kepercayaan pada para pemain muda, seraya mengikat sejumlah pemain bintang di tim utama dengan kontrak anyar.

Tidak hanya itu, langkah ini juga dianggap sebagai antisipasi manajemen The Citizens terkait potensi berakhirnya kiprah Pep Guardiola di kursi pelatih The Citizens.

Saat ini, kontrak Guardiola bersama City akan berakhir pada 2023 mendatang. Namun, hingga kini, pelatih asal Spanyol itu belum memberikan sinyal soal kemungkinan bertahan di The Citizens.

''Di satu titik, City sadar mereka sudah harus melakukan perencanaan untuk mengantisipasi kepergian Guardiola. Inilah yang saat ini tengah mereka lakukan.”

“Jika akhirnya Guardiola memutuskan melanjutkan kiprahnya bersama City, maka rasanya tidak akan ada yang merasa dirugikan dengan langkah manajemen klub saat ini,'' tulis laporan Manchester Evening News, Jumat (4/1).

Peluang Guardiola untuk meneken kontrak baru bersama The Citizens memang masih terbuka. Terlebih jika menilik hubungan baik pelatih asal Spanyol itu dengan jajaran direksi City dan pemilik klub, Khaldoon Al Mubarak.

Kendati begitu, Begiristain sepertinya tetap tidak mau mengambil resiko. Mantan penggawa timnas Spanyol itu merasa tetap harus mengambil langkah untuk memastikan City masih memiliki skuad yang kompetitif, baik dengan kehadiran Guardiola atapun apabila nantinya ada pelatih anyar.

Kondisinya tentu akan lebih mudah apabila Guardiola memutuskan tetap bertahan. Pasalnya, eks pelatih Barcelona mulai menunjukan kecenderungan untuk memberikan kesempatan pada para pemain muda The Citizens.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement