Jumat 04 Feb 2022 17:51 WIB

Cara Efektif Menumbuhkan Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi dapat beri ide segar yang belum pernah ditemukan sebelumnya

Kreativitas dan inovasi merupakan dua aspek yang paling penting dalam meningkatkan kesuksesan karier.
Foto: Universitas BSI
Kreativitas dan inovasi merupakan dua aspek yang paling penting dalam meningkatkan kesuksesan karier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kreativitas dan inovasi merupakan dua aspek yang paling penting dalam meningkatkan kesuksesan karier. Kreativitas dan inovasi dapat memberikan ide-ide segar, yang belum pernah ditemukan sebelumnya. 

Selain itu, bisa memberikan solusi efektif terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, dan dapat menerima perbedaan sudut pandang baik dari atasan, kolega, maupun dari orang sekitar. Tak heran, jika kreativitas dan inovasi dapat meningkatkan karier, karena kreativitas dan inovasi merupakan  ide yang besar, yang bisa muncul dari ide-ide yang kecil. 

Namun, bagi sebagian orang, bahwa ide-ide kecil ini berakhir begitu saja tanpa rencana untuk dimanifestasikan. Pada dasarnya, dengan  cara sederhana untuk merealisasikan ide-ide “kecil” maka akan mengubahnya menjadi cetusan inovasi dan kreativitas.

Kreativitas dan inovasi dapat hadir melalui rasa ingin tahu yang membuat kita banyak mencoba hal yang baru atau yang berbeda. Banyak cara untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi. Beberapa cara untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi yaitu:

1. Peluang dan kesempatan

Kita harus bisa mengamati setiap peluang dan kesempatan di sekitar. Jika situasi sudah terbaca, maka kita dapat menetapkan tujuan yang akan kita buat. 

2. Tumbuhkan rasa ingin tahu

Memiliki keingintahuan yang tinggi, bisa meningkatkan pengetahuan maupun bakat yang baru. Kita juga akan lebih kritis dalam menentukan kebijakan, atau langkah yang akan diambil.

3.  Membuka jaringan yang luas

Membuka jaringan yang luas juga bisa dimulai dengan sering berdiskusi dengan teman. Hal itu juga dapat menambah wawasan baru dengan bertukar pikiran. Membangun jaringan atau koneksi dengan memilih lingkungan serta pergaulan yang tepat, sebagai pendorong kita untuk menumbuhkan Kreativitas dan inovasi.

4. Berani

Mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi  berbagai keadaan, jangan malu dan ragu untuk bertanya. Kita harus berani mengambil keputusan dengan risiko yang akan kita tanggung sendiri. Jangan takut kegagalan, dengan kegagalan yang dialami nantinya, akan lebih mendewasakan diri kita sendiri.

5. Berfikir positif

Berpikir positif sangat diperlukan, agar bisa terhindar dari rasa pesimis yang berlebih. Melihat tantangan sebagai kesempatan, untuk mencoba hal-hal yang baru.

Sebagai mahasiswa atau pelajar, juga harus mampu menumbuhkan kreativitas dan inovasi saat masih di bangku kelas. Setelah lulus nanti, hal tersebut akan menjadi modal berharga, terutama untuk mencari pekerjaan atau bergelat menjadi pengusaha.

Di lingkungan kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), terdapat sebuah wadah bagi mahasiswa untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi. Lembaga tersebut bernama BIC (BSI Innovation Center). 

Ide kreatif dan inovasi yang tercipta, mampu membawa perubahan untuk masa depanyang lebih baik bagi kemajuan bangsa. Mahasiswa Universitas BSI, sebagai generasi masa depan bangsa Indonesia, dipersiapkan untuk itu.

BIC sebagai pioner, dalam mewujudkan ide-ide inovasi dari mahasiswa Universitas BSI, yang kemudian akan direalisasikan ke dalam bentuk tindakan. Itu dia beberapa ulasan terkait cara untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi, semoga ulasan tersebut dapat membantu dan bermanfaat dalam persiapan dan meningkatkan karier masa depan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement