Jumat 04 Feb 2022 13:29 WIB

Infografis Mengenal BA.2 Alias Son of Omicron

Belum ada bukti subvarian BA.2 menyebabkan derajat keparahan lebih tinggi.

Foto: Republika
Son of Omicron atau BA.2.

REPUBLIKA.CO.ID, Varian Omicron sudah memiliki subvariannya yang disebut juga dengan Son of Omicron atau BA.2. WHO mengatakan sebuah subvarian Omicron tersebut hingga 3 Februari 2022 telah terdeteksi di 57 negara.

Dikenal sebagai BA.2, subvarian dianggap lebih menular daripada varian Omicron asli dan memiliki sejumlah mutasi yang berbeda tetapi tidak dianggap lebih mematikan.

Baca Juga

* Subvarian BA.2 mungkin lebih menular daripada strain Omicron asli dan lebih mampu menginfeksi yang divaksinasi. Kabar baiknya BA.2 tidak memiliki perbedaan dalam tingkat keparahannya.

* Belum ada bukti bahwa BA.2 lebih parah dari jenis sebelumnya. BA.2 masih menyumbang hanya sebagian kecil dari kasus Omicron yang tercatat di seluruh dunia.

* Dua subvarian pertama Omicron, BA.1 dan BA.1.1, masih membentuk lebih dari 96,4 persen dari semua kasus yang diurutkan.

* BA.2 yang dijuluki varian siluman karena tidak muncul sejelas subvarian sebelumnya di laboratorium membuat lebih dari setengah kasus Omicron yang diurutkan.

* Profesor Tim Spector, ilmuwan utama pada studi Zoe Covid dan Profesor epidemiologi genetik di King's College London, mengatakan gejala seperti pilek adalah tanda utama dari penyakit ini varian Omicron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement