Jumat 04 Feb 2022 00:46 WIB

Teleskop James Webb akan Selidiki 11 Planet Bumi Super

Misi awal teleskop James Webb adalah mempelajari planet yang sangat berbeda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Foto ini disediakan oleh NASA, Teleskop Luar Angkasa James Webb dipisahkan di luar angkasa pada Sabtu, 25 Desember 2021. Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA melonjak dari Guyana Prancis di pantai timur laut Amerika Selatan, mengendarai roket Ariane Eropa ke langit pagi Natal. Observatorium inframerah senilai $ 10 miliar dimaksudkan sebagai penerus Teleskop Luar Angkasa Hubble yang menua.
Foto: AP/NASA

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Beberapa penyelidikan teleskop luar angkasa James Webb (JWST) pertama akan fokus pada berbagai planet yang sangat berbeda dari apa yang ditemukan di lingkungan kosmik kita. Setelah menyelesaikan periode persiapan, sekitar bulan Juno teleskop dijadwalkan untuk memulai serangkaian studi di eksoplanet.

Salah satu proyek tersebut akan mempelajari 11 “Bumi super”, yang merupakan dunia antara ukuran Bumi dan Neptunus. Tidak ada planet seperti itu di tata surya kita.