Jumat 04 Feb 2022 01:11 WIB

Menjadi Sosok yang Lemah Lembut Seperti Rasulullah

Allah mencintai orang yang bersikap lemah lembut.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).
Foto: Antara/Retno Esnir
Umat Islam melaksanakan shalat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemah lembut mengandung arti ramah, baik hati, pengertian, tenggang rasa, tidak pemarah atau tidak emosian. Dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa Allah SWT akan memberikan sesuatu khusus hanya untuk pemilik sikap lemah lembut.

حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى التُّجِيبِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي حَيْوَةُ حَدَّثَنِي ابْنُ الْهَادِ عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَزْمٍ عَنْ عَمْرَةَ يَعْنِي بِنْتَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِي عَلَى الرِّفْقِ مَا لَا يُعْطِي عَلَى الْعُنْفِ وَمَا لَا يُعْطِي عَلَى مَا سِوَاهُ

Baca Juga

'Aisyah istri Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, "Hai 'Aisyah, sesungguhnya Allah itu Maha Lembut. Dia mencintai sikap lemah lembut. Allah akan memberikan pada sikap lemah lembut sesuatu yang tidak Dia berikan pada sikap yang keras, dan juga akan memberikan apa-apa yang tidak diberikan pada sikap lainnya." (HR Muslim)

Hadist tersebut mengandung arti bahwa Allah Maha Lembut, Allah mencintai orang yang bersikap lemah lembut. Allah akan memberikan sesuatu kepada pemilik sikap lemah lembut, sesuatu itu tidak akan diberikan Allah kepada orang-orang yang sikapnya keras.

Nabi Muhammad SAW menegaskan lagi bahwa Allah akan memberikan sesuatu khusus kepada pemilik sikap lemah lembut. Sesuatu yang diberikan Allah ini tidak akan diberikan kepada orang-orang yang memiliki sikap apapun selain sikap lemah lembut.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement