Kamis 03 Feb 2022 20:32 WIB

Normalisasi UEA-Israel, Penyanyi Palestina Tolak Tampil di Dubai Expo

Penyanyi Palestina Dalal Abu Amna menolak undangan untuk tampil di Dubai Expo

Rep: Alkhaledi kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Presiden Israel Isaac Herzog (kiri) dan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan bertemu di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab, 30 Januari 2022.
Foto: EPA
Presiden Israel Isaac Herzog (kiri) dan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan bertemu di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab, 30 Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH--Penyanyi Palestina Dalal Abu Amna menolak undangan untuk tampil di Dubai Expo 2020 karena normalisasi hubungan Uni Emirat Arab (UEA) dengan otoritas pendudukan Israel. Ia menilai UEA telah mengabaikan perasaan rakyat Palestina.

"Kegigihan negara itu dalam mengabaikan perasaan dan hak-hak rakyat Palestina," kata Dalal menurut sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya dilansir dari The New Arab, Rabu (2/2/2022).

Dalam postingannya, Abu Amna mengacu pada kehadiran Presiden Israel Isaac Herzog di pameran tersebut. Kala itu, Herzog menyampaikan pidato pada Senin (31/1/2022) dan disambut dengan lagu kebangsaan Israel.  Herzog juga menjadi kepala negara Israel pertama yang mengunjungi UEA.

"Penolakan ini dilakukan karena tugas kami untuk mengambil posisi yang jelas terhadap segala sesuatu yang bertentangan perjuangan Palestina," bunyi pernyataan Abu Amna.

Penyanyi itu mengatakan bahwa keputusannya berasal dari keyakinan pribadi bahwa dia tidak memaksakan pada siapa pun, dan mengatakan dia mendukung kebebasan setiap artis untuk menentukan jalur karier mereka sesuai dengan prinsip pribadi mereka. Termasuk dengan nilai-nilai kemanusiaan di mana mereka dibesarkan.

Abu Amna menyatakan dia akan menyambut undangan masa depan dari acara lain di UEA yang tidak bertentangan dengan keyakinannya untuk terus meningkatkan kesadaran akan perjuangan Palestina. Terutama untuk tetap hidup dalam jiwa yang terhormat.

UEA adalah negara Teluk pertama yang menormalkan hubungan dengan Israel di bawah Kesepakatan Abraham, sebuah perjanjian yang ditengahi oleh AS pada tahun 2020. Selama pidatonya di Dubai Expo 2020, Presiden Israel membual tentang hasil kerja sama Israel-Emirat, dengan menyatakan bahwa perdagangan telah melampaui lebih dari Rp 14 triliun.

Herzog juga mencatat bahwa 250.000 orang Israel telah mengunjungi UEA sejauh ini dan dia berharap Emirat akan membalasnya ketika pembatasan virus corona dilonggarkan.

Survei opini publik di dunia Arab telah menunjukkan penentangan berkelanjutan terhadap kesepakatan normalisasi dengan Israel, yang menurut warga Palestina telah menguntungkan Israel karena terus menduduki Tepi Barat dan mengepung Jalur Gaza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement