Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nanik Sri Rahayu

Cari Tempat Belajar Coding dari Dasar dan Gratis? Akses code.org Aja!

Teknologi | Thursday, 03 Feb 2022, 10:49 WIB

Kini semakin banyak orang tua yang ingin anaknya ikut kursus coding. Daripada main game terus tiap hari, lebih baik diarahkan untuk bisa membuat game, demikian alasan sebagian dari mereka. Hal ini sejalan juga dengan makin banyaknya lembaga pendidikan yang menawarkan kursus coding, baik online maupun offline.

Padahal sebenarnya, ada beberapa situs yang menawarkan belajar coding gratis, salah satunya adalah code.org.

Selain menawarkan kursus coding gratis, code.org juga menyediakan kursus coding dari level yang sangat dasar, sehingga tak perlu khawatir jika anak belum memiliki pengetahuan dasa-dasar pemrograman. Materi menggunakan visual dengan tampilan yang menarik, sehingga pasti membuat anak suka.

Tampilan awal situs code.org

Berikut ini adalah pilihan kursus yang ada di code.org :

1. Kursus Kilat Computer Science Fundamentals

Kursus ini terdiri dari tiga pilihan, yaitu pre reader untuk usia 4-8 tahun, reader untuk usia 8-18 tahun, dan unpluged untuk usia 4+ yang tidak memiliki komputer. Bagi peserta kursus unpluged akan ada worksheet yang bisa di cetak dan dikerjakan oleh peserta

2. Dasar-Dasar Ilmu Komputer untuk Sekolah Dasar

Kursus dasar-dasar ilmu komputer ini terbagi ke dalam 6 kelas yaitu :

a. Kursus A, untuk usia 4-7 tahun.

b. Kursus B, untuk usia 5-8 tahun.

c. Kursus C, untuk usia 6-10 tahun.

d. Kursus D, untuk usia 7-11 tahun.

e. Kursus E, untuk usia 8-12 tahun.

f. Kursus F, untuk usia 9-13 tahun.

Di code.org ini anak tidak fokus pada baris-baris program, melainkan diajarkan untuk memahami logika dan juga algoritma dalam sebuah game. Pembelajaran dengan menggunakan visual menarik, yaitu karakter animasi dan perintah-perintah pengkodean disajikan dalam blok-blok perintah.

Tampilan visual menarik dengan blok-blok perintah

Semua materi dapat dipelajari secara gratis, bisa dipraktikkan secara langsung. Tentu saja anak-anak juga perlu pendampingan dari orang tua, sehingga jika menemui kesulitan bisa langsung bertanya. Terutama bagi kelompok usia pre-reader. Sehingga orang tua pun dituntut pula untuk update teknologi dengan mengenal pengkodean.

Dengan mempelajari logika dan algoritma sejak dini, kemampuan anak untuk menyelesaikan masalah akan terasah dengan baik. Ini tentu saja akan menjadi bekal yang sangat bermanfaat bagi mereka di masa mendatang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image