Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Hidrogen Sebagai Antioksidan Diklaim Kurangi Peradangan Pasien Covid-19

Kamis 03 Feb 2022 02:26 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Inhalasi hidrogen bisa menjadi antioksidan dan tingkatkan imun tubuh terutama pasien Covid-19

Inhalasi hidrogen bisa menjadi antioksidan dan tingkatkan imun tubuh terutama pasien Covid-19

Foto: istimewa
Antioksidan bekerja perangi radikal bebas sehingga kurangi peradangan pasien Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lonjakan kasus Omicron saat ini terjadi di berbagai negara. Varian baru Omicron menurut para ahli memiliki kemampuan menginfeksi manusia lebih tinggi, bahkan bila dibandingkan delta. 

“Kemampuan virus menginfeksi manusia pada Omicron lebih tinggi daripada jenis Delta. Varian Omicron mempunyai protein permukaan yang dapat menghindari pemeriksaan serta cenderung lebih tahan terhadap vaksin dasar atau tahap awal,” tutur Dokter spesialis bedah saraf dr. Bintang Cristo Sp BS saat memaparkan seminar kesehatan daring bertema manfaat air hidrogen pada Jumat (28/1/2022).

Pada pasien penderita varian Omicron dibutuhkan nutrisi yang bergizi dan dan kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi proses peradangan dan juga pemulihan akibat virus. 

Baca juga : Omicron Bikin Sebagian Pengobatan Covid-19 Jadi Kurang Efektif

“Antioksidan pada pasien Omicron jelas akan membantu mengurangi proses peradangan dengan memerangi radikal bebas tubuh yang mengganggu sel-sel tubuh bekerja optimal sehingga tugas pemulihan organ menjadi lebih cepat,” ujar dokter Bintang.

Hidrogen merupakan salah satu sumber kaya antioksidan yang bermanfaat bantu pemulihan tubuh dari serangan virus dan penyakit lainnya. Dokter Bintang menjelaskan dengan menggunakan hidrogen baik diminum maupun inhalasi dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada penyintas Covid-19 umumnya terjadi berupa peradangan paru-paru.

”Penggunaan air dan inhalasi hidrogen terbukti secara penelitian dapat mengurangi peradangan tubuh akibat infeksi virus Covid-19 ini yang umumnya berupa peradangan paru-paru. Dengan menggunakan hidrogen terlarut air sebagai anti-inflamasi dan antioksidan maka tubuh mendapat manfaat untuk mengurangi dan mengatasi peradangan, serta melawan radikal bebas,” tutur dokter Bintang.

Menurut Leonardo Wiesan, pendiri perusahaan LiveWell Global, perusahaan direct-selling yang memegang izin eksklusif generator hidrogen portabel Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler dari Korea Selatan, pada seminar yang sama menjelaskan, terdapat berbagai jurnal penelitian yang melaporkan hasil penelitian mengenai manfaat hidrogen untuk pemulihan pasien Covid-19, diantaranya Frontiers in Pharmacology (2020) yang berjudul ‘Hydrogen: A Potential New Adjuvant Therapy for COVID-19 Patients’ dan juga pada  Research Repository University of the West of England yang dipublikasi pada 2020 lalu.

Baca juga : 142 Orang Terpapar Positif Covid-19 dari Gedung DPR

Lanjut Leo, masyarakat Indonesia saat ini sudah tak asing dengan manfaat air dan inhalasi hidrogen. “Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia merasakan langsung manfaat hidrogen baik diminum maupun inhalasi untuk membantu pemulihan berbagai penyakit, termasuk membantu pemulihan para penyintas Covid-19.”  

LiveWell Global sebagai pemegang izin eksklusif generator hidrogen portable Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler mendapat respon yang sangat baik dari para konsumen yang sudah merasakan langsung manfaatnya.

“Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler diimpor dari Korea Selatan dengan teknologi Proton Exchange Membrane (PEM) pada generatornya yang mampu menghasilkan air dan gas hidrogen berkadar tinggi mencapai 1500 part per billion. Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler sudah dilengkapi dengan berbagai sertifikat internasional, di antaranya FDA, NSF, KTR, Johnson Matthey, dan sebagainya. Selain itu, Hydro-Gen Fontaine PEM& Inhaler berkapasitas 500 ml yang praktis bisa dibawa kemana-mana,” tutur Leo.

Baca juga : WHO: Terlalu Dini Nyatakan Menang Atas Pandemi Covid-19

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA