Kamis 03 Feb 2022 02:11 WIB

Waktu Tepat Lakukan Tes Antigen Bila Terserang 'Flu'

Pemerintah mendorong warga lakukan swab karena gejala omicron yang mirip flu

Foto: Republika
Waktu Tepat Lakukan Tes Swab Bila Terserang Flu

REPUBLIKA.CO.ID, Di tengah meningkatnya kasus Covid-19, masyarakat diminta untuk lebih peduli terhadap kesehatan, terlebih gejala flu biasa yang hampir mirip dengan varian Omicron. Sehingga, alangkah baiknya bila ada gejala langsung saja diperiksa antigen. 

Berikut penjelasannya:

1. Pemeriksaan antigen atau PCR dilakukan dua hari setelah merasakan gejala. Alasannya, masa inkubasi varian omicron 3 hingga 5 hari.

2. Pemeriksaan dua hari usai gejala sangat bermanfaat bila memang terkonfirmasi Covid-19. Sehingga, pasien bisa langsung melakukan mitigasi diri dengan isoman.

3. Pasien wajib waspada bila alami rasa gatal di tenggorokan. Hal ini lantaran varian Omicron yang lebih menyerang saluran tenggorokan yang menyebabkan rasa nyeri dan gatal yang jarang dirasakan oleh mereka yang terkena flu biasa

4. Anosmia juga masih menjadi salah satu ciri varian Omicron sama seperti yang lain. Ingat bahwa flu bisa tidak menyebabkan anosmia.

"Berdasarkan pengamatan pada 17 pasien probable Omicron dan Omicron di RSUP Persahabatan, sebanyak 65 persen bergejala ringan, batuk kering 63 persen, nyeri tenggorokan 54 persen, pilek 27 persen, sakit kepala 36 persen, demam 18 persen," Spesialis paru, DR dr ERLINA BURHAN, MSc, Sp.P(K)

sumber: Republika.co.id pengolah: Ichsan Emrald Alamsyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement