Rabu 02 Feb 2022 21:36 WIB

Medsos UGM Masuk 10 Besar Kampus Terpopuler Dunia, Bareng Harvard dan Stanford

UGM bersama kampus top dunia seperti Harvard, Oxford dan Stanford.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Gadjah Mada
Foto: en.wikipedia.org
Universitas Gadjah Mada

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Media sosial Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mendapat pengakuan dunia. Kali ini emplifi.io lembaga yang fokus dalam big data, digital marketing, branding dan media sosial merilis riset interaksi di media-media sosial berbagai perguruan tinggi dunia.

Dari riset interaksi di Instagram, UGM masuk 10 besar bersama perguruan tinggi top dunia seperti Harvard University, Stanford University dan The University of Oxford. UGM menjadi perguruan tinggi Indonesia satu-satunya yang masuk 10 besar.

Baca Juga

Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono mengatakan, hasil riset Emplifi pada akhir Januari. Dari 10 perguruan tinggi teratas, tujuh merupakan perguruan tinggi yang ada di Amerika, sedangkan dua lain merupakan perguruan tinggi yang berlokasi di UK.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan tersendiri kalau UGM bisa bersanding dengan universitas papan atas yang namanya telah mendunia," kata Gugup, Rabu (2/2).

Ia menilai, pengelolaan laman dan media sosial semakin penting bagi institusi untuk pengembangan citra sekaligus bentuk adaptasi melakukan komunikasi publik. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan potensi yang besar.

Terutama, bagi perguruan tinggi untuk memperluas jangkauan komunikasi publik memanfaatkan beragam platform. Pengelolaan medsos sebagai wahana penyampaian informasi, diharap informasi penting bisa efektif menjangkau masyarakat luas.

Untuk itu, UGM hadir di kanal medsos yang banyak diakses mulai dari Instagram, Facebook dan Tiktok lewat ragam konten yang menarik dan bermanfaat bagi publik. Ragam medsos untuk menjangkau kelompok audiens yang beragam, terutama dari usia.

"UGM akan terus beradaptasi melakukan berbagai penyesuaian penggunaan bauran media komunikasi. Dengan begitu, informasi yang disampaikan semakin menjangkau generasi muda, namun tidak meninggalkan generasi sebelumnya," ujar Gugup.

Dalam daftar yang dirilis, UGM juga menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia terpopuler media sosial versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021. Khususnya, platform Facebook dan Instagram.

UGM berada di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan like Facebook terbanyak capai 446.257 likes pada Februari 2021. Lalu, rata-rata komentar per unggahan 3.34, rata-rata share 12.68 dan rata-rata reaksi per unggahan 263.14.

Di Instagram, UGM masuk dalam peringkat tertinggi dengan jumlah pengikut capai 781.814 pada akhir April 2021, jumlah unggahan 1.545. Jumlah pengikut Instagram UGM terus meningkat signifikan, sampai 31 Januari 2022 capai 869.737 pengikut.

Advertisement