Rabu 02 Feb 2022 21:54 WIB

Agar Van de Beek 'Meledak', Ini Saran Ferdinand untuk Lampard

Lampard harus membangkitkan Van de Beek-nya Ajax.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Donny van De Beek, calon bintang MU yang dipinjamkan ke Everton.
Foto: Dok. Everton
Donny van De Beek, calon bintang MU yang dipinjamkan ke Everton.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand mengomentari kepindahan Donny van de Beek dari Old Trafford ke Everton. Ia menilai the Toffees bisa mendapatkan yang terbaik dari sang gelandang, asalkan mereka tidak melakukan hal yang sama seperti situasi di United.

Situasi apakah itu? Bukan sekadar kondisi Van de Beek yang jarang menjadi pemain inti MU. Tapi ketika diturunkan, Van de Beek gagal menampilkan performa optimal.

Baca Juga

Itu karena ia diminta menjalankan peran yang lebih defensif. Ketika masih membela Ajax Amsterdam, gelandang tersebut diberikan kebebasan untuk lebih menyerang. Alhasil, ia salah satu yang menonjol di skuad Ajax, beberapa tahun lalu.

"Jika anda memintanya memainkan peran seperti yang dia mainkan di Man United, maka anda tidak akan mendapatkan yang terbaik darinya," kata Ferdinand, dikutip dari Caught Offside, Rabu (2/2/2022).

Dalam hal ini, Ferdinand menyarankan tim kepelatihan Everton melihat performa Van de Beek di Ajax. Seseorang yang bergerak mendekati kotak penalti lawan. Alhasil, jebolan akademi De Joden itu mengkreasi banyak peluang untuk mencetak gol.

"Dia tahu cara mencetak gol, bermain satu dua sentuhan dalam sepak bola progresif berbasis penguasaan bola. Dalam waktu singkat sebagai pelatih, Frank Lampard telah mencoba membuat timnya bermain dengan cara yang mungkin bisa dilakukan oleh seseorang seperti Van de Beek. Saya harap ini berhasil untuk keduanya," ujar sosok yang kini menjadi pundit dan analis pertandingan itu.

Van de Beek membela United dalam 50 laga di berbagai ajang. Selama periode tersebut, ia mengoleksi dua gol. Kini petualangan baru menantinya.

Selain Van de Beek, Everton juga baru saja mengamankan jasa Dele Alli. Nama terakhir mengalami kesulitan menembus starting XI Tottenham Hotspur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement