Rabu 02 Feb 2022 20:49 WIB

Pemkab Kediri Ajukan Hak Paten Pakaian Khas dengan Motif Gringsing

Kediri telah melakukan kajian yang mengedepankan aspek sejarah motif grinsing.

Desainer Jeny Tjahyawati memperkenalkan dua koleksi dengan tema Batik Gringsing Banyuwangi Warna Alam dalam gelaran IMFW 2020. Hak paten motif gringsing akan diajukan agar nantinya dapat menjadi ciri khas pakaian Kabupaten Kediri.
Foto: Tangkapan layar
Desainer Jeny Tjahyawati memperkenalkan dua koleksi dengan tema Batik Gringsing Banyuwangi Warna Alam dalam gelaran IMFW 2020. Hak paten motif gringsing akan diajukan agar nantinya dapat menjadi ciri khas pakaian Kabupaten Kediri.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, segera mengajukan hak paten pakaian khas kabupaten ini dengan motif gringsing. Ke depannya, motif itu akan dijadikan baju adat.

"Pakaian ini adalah pakaian yang nantinya diharapkan menjadi pakaian adat," kata Ketua Tim Kajian Pakaian Khas Kediri Imam Mubarok di Kediri, Rabu.

Baca Juga

Pihaknya juga sudah mengadakan koordinasi dengan berbagai pihak, yakni kalangan akademisi, arkeolog, desainer, pembatik, budayawan, maupun tim internal dari Pemkab Kediri. Kajian dilakukan didasarkan pada era Kediri awal.

Kajian soal rencana paten baju khas Kabupaten Kediri tersebut dimulai pada 26 November 2021 sampai 20 Desember 2021. Kajian mengedepankan aspek sejarah.

Anggota Tim Pengkajian Pakaian Khas Kabupaten Kediri Sigit Widiatmoko mengatakan, pengkajian pakaian khas itu dilakukan dari segi budaya Kediri, baik susastra, peninggalan arkeologi, maupun etnologi. Berdasarkan kajian susastra dari sumber-sumber yang ada dilihat secara semiotik atau penandaan akhirnya menetapkan motif gringsing sebagai dasar.

Gringsing, menurut Sigit, diambil dari cerita Panji dan Candrakirana. Saat itu, Candrakirana yang sedang hamil dan hendak melahirkan berniat menyerahkan baju polos.

Karena dirasa kurang pantas untuk diserahkan, akhirnya baju itu diberi motif yang kemudian dinamakan motif gringsing. Selain itu, ada motif lidah api yang merupakan representasi dari Ibu Kota Kediri, yakni Dahanapura. Motif itu berkembang di ikonografi patung dan candi-candi yang ada di Kediri.

"Dua motif ini kami gabungkan menjadi motif Kediri, itu yang utama sedangkan motif lain hanya tambahan," kata Sigit yang juga menjabat sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Kediri itu.

Sigit menyebut, pakaian khas Kediri untuk pria akan dinamakan Wdihan Kadiri. Pakaian untuk perempuan disebut Ken Kadiri.

Pakaian ini memiliki ciri yang membedakan dengan daerah lain, yakni adanya banda atau kelengkapan. Untuk pakaian pria menggunakan sabuk gringsing panjalu seperti yang tertulis dalam buku Harsa Wijaya. Kemudian perempuan menggunakan sampir atau selendang.

Pria juga menggunakan ikat kepala sebagai tokoh utama yang dinamakan ikat Jayabaya. Ikat ini merupakan perpaduan dari Panji, yakni motif Tekes dengan untiran semacam cemeti yang merepresentasikan pecut sebagai khasanah budaya kesenian di Kediri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement