Rabu 02 Feb 2022 20:12 WIB

Satgas: Covid-19 Masih Jadi Ancaman Kelompok Rentan

Covid-19 masih jadi ancaman pada kelompok rentan seperti lansia dan pasien komorbid.

Juru Bicara Pemerintah untuk  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan meski sebagian besar pasien Covid-19 dapat pulih, penyakit itu masih menjadi ancaman terhadap kelompok rentan dan orang yang memiliki komorbid. Dalam konferensi pers virtual di Jakarta pada Rabu (2/2/2022), ia mengatakan peningkatan kasus saat ini tidak diikuti kenaikan kematian yang sama tingginya dengan jumlah angka kematian saat terjadi gelombang pertama pada akhir 2020.

"Namun selalu saya tekankan bahwa satu kematian saja terbilang nyawa. Mulai bertambahnya kematian ini menjadi pengingat bahwa meskipun sebagian besar pasien relatif dapat sembuh, namun virus ini masih menjadi ancaman pada kelompok rentan seperti lansia dan pasien dengan komorbid," katanya.

Baca Juga

Sejak 1 Januari 2022, telah terjadi peningkatan kasus baru harian dengan kenaikan kasus pada pekan ini merupakan yang paling besar. Wiku mengatakan dibandingkan awal Januari 2022, kasus positif per pekan meningkat 40 kali lipat.

Penambahan kasus baru harian 16.021 orang pada 1 Februari 2022, katanya, lebih tinggi dari pada penambahan harian saat terjadi gelombang pertama pada Desember 2020. Hal itu menjadikan tingkat positif harian atau positivity rate dari pemeriksaan antigen dan PCR mencapai enam persen atau di atas standar WHO. 

Dia menjelaskan mulai terjadi peningkatan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) seiring adanya kenaikan kasus dengan rata-rata BOR nasional 13,89 persen per 30 Januari 2022. BOR tertinggi dilaporkan berada di DKI Jakarta dengan 52 persen. "Kenaikan kasus positif ini sudah seharusnya menjadi peringatan bagi kita semua untuk kembali merefleksikan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan," ujar Wiku.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement