Rabu 02 Feb 2022 14:28 WIB

Laba BSI Lampaui Target, Tumbuh 38 Persen

BSI fokus pada bisnis syariah berkelanjutan, fee based income, dan akselerasi digital

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi
Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat perolehan laba bersih mencapai Rp 3,03 triliun naik 38,42 persen secara year on year (yoy).
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat perolehan laba bersih mencapai Rp 3,03 triliun naik 38,42 persen secara year on year (yoy).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatat perolehan laba bersih mencapai Rp 3,03 triliun naik 38,42 persen secara year on year (yoy). Capaian tersebut dikontribusi oleh konsistensi BSI dalam membangun pondasi, tranformasi digital, dan pengembangan ekosistem halal di Indonesia. 

Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi menyampaikan, BSI terus berkomitmen menjaga kinerja positif yang berkelanjutan. Yakni dengan fokus menumbuhkan bisnis syariah yang berkelanjutan dan sehat, mengedepankan fee based income dan akselerasi digital.

Baca Juga

"BSI yang gemilang di tahun pertama ini disokong pembiayaan yang tumbuh dan sehat di semua segmen yaitu konsumer, korporasi, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), gadai emas hingga kartu pembiayaan," kata Hery dalam Paparan Kinerja Kuartal IV 2021 di Jakarta, Rabu (2/2/2022).

BSI juga mampu mengoptimalkan penghimpunan dana murah setelah akselerasi digitalisasi yang dilakukan. Direktur Keuangan dan Strategi BSI, Ade Cahyo Nugroho menambahkan, total penyaluran pembiayaan mencapai Rp 171,29 triliun atau naik sekitar 9,32 persen (yoy).

Dengan rincian, pembiayaan konsumer mencapai Rp 82,33 triliun, naik sekitar 19,99 persen (yoy). Disusul pembiayaan gadai emas yang bertumbuh 12,92 persen (yoy), pembiayaan mikro tumbuh 12,77 persen, dan pembiayaan komersial tumbuh 6,86 persen.

Dari sisi kualitas pembiayaan, BSI mencatatkan NPF Nett yang membaik menjadi 0,87 persen pada Desember 2021. Menurutnya, BSI berhasil memperbaiki struktur dana murah dan penyaluran pembiayaan dilakukan lebih agresif dengan tetap hati-hati sehingga profitabilitas meningkat signifikan.

"Tahun ini dan ke depan kami akan lakukan strategi yang sama sehingga diharap bisa mendapatkan profitabilitas yang juga tetap baik," katanya. 

Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat terus meningkatkan pertumbuhan tabungan khususnya tabungan Wadiah. Posisi Desember 2021, tabungan Wadiah tumbuh signifikan yang mencapai 15,30 persen (yoy) atau menjadi Rp 34,10 triliun.

Sementara untuk total tabungan mencapai Rp 99,37 triliun atau bertumbuh 12,84 persen. Ade mengatakan, pertumbuhan tabungan tersebut berdampak kepada membaiknya biaya dana atau cost of fund yang menjadi 2,03 persen. 

"Biaya dana berhasil turun dari Desember 2020 yang sekitar 2,68 persen," katanya. Ade mengatakan, efisiensi juga semakin meningkat dengan penurunan BOPO dari 84,61 persen menjadi 80,46 persen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement