Rabu 02 Feb 2022 15:44 WIB

Hino Perluas Penggunaan Fitur Telematika

Sejak 2020, Hino telah menerapkan fitur telematika yang disebut dengan Hino Connect.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Tampak Truk Hino yang menggunakan mesin diesel sistem Common rail
Foto: HMSI
Tampak Truk Hino yang menggunakan mesin diesel sistem Common rail

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Sejak 2020, seluruh produk Hino telah menerapkan fitur telematika yang disebut dengan Hino Connect. Fitur ini dihadirkan untuk memudahkan operator dalam melakukan monitoring kondisi truk dan pengemudi secara keseluruhan.

Kini, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) pun memperluas penggunaan teknologi itu sebagai sarana penunjang peningkatan kompetensi pengemudi lewat kompetisi. COO dan Director HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan, dalam meningkatkan kompetensi pengemudi, Hino rutin menggelar Hino Safety Driving Competition (HSDC).

Baca Juga

"Kini kami memodifikasi HSDC dengan memanfaatkan telematika. Oleh karena itu, kompetisi tersebut kini disebut dengan Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC)," kata Santiko dalam pembukaan HTSCDC di Purwakarta, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Fitur telematics dari Hino Connect yang dimanfaatkan dalam kompetisi ini sendiri adalah dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino. Data itulah yang kemudian dijadikan sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Artinya, pengemudi yang mengikuti kompetisi ini tentunya juga dapat melihat sendiri hasil evaluasi score card apakah driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan. Karena jika driver mengemudi dengan baik dan aman, maka mereka akan mendapatkan poin score card yang bagus dan berpotensi menjadi pemenang.

“Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentunya ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi. Karena mengemudi dengan aman dan sesuai aturan akan dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri dan menjaga keamanan bagi orang lain di jalan," ujarnya.

Lewat penerapan telemetika dalam kompetisi ini, maka diharapkan seluruh opeator juga makin familiar dengan fitur Hino Connect. Dengan begitu, Hino bisa berperan aktif dalam meningkatkan keselamatan serta efisiensi dalam industri angkutan barang.

Deputy General Manager Sales Planing & Strategic Division HMSI, Wibowo Santoso mengatakan, hingga saat ini telah ada sekitar 7 ribu konsumen yang menggunakan fitur Hino Connect.

"Artinya, ada sekitar 23 ribu unit kendaraan Hino yang menggunakan fitur ini. Optimalisasinya pun cukup tinggi karena saat ini log in ratio-nya sekitar 91 persen," kata Wibowo.

Fitur yang ditawarkan dalam Hino Connect sendiri diantaranya adalah Route Analyze dan Geo Fence. Fitur ini berfungsi menentukan area operasional dan analisa rute armada. Selain itu, fitur ini juga menyajikan Driver Assignment dan Score Card yang berguna untuk memantau gaya mengemudi selama dalam perjalanan.

Soal maintenance, fitur yang bisa diakses secara gratis selama lima tahun ini juga menyajikan Service Reminder dan Vehicle Rule. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mengingatkan jadwal perawatan kendaraan secara akurat sehingga operator lebih dimudahkan dalam memastikan kondisi kendaraan.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement