Rabu 02 Feb 2022 11:12 WIB

Lagu Refly Harun Ingatkan Hari Pembalasan untuk Para Pemimpin

Yang membuat lagu ini lebih menarik adalah penyanyinya merupakan seorang pengamen.

Refly Harun
Foto: Republika/ Wihdan
Refly Harun

REPUBLIKA.CO.ID, Sosok yang sering muncul berbicara tentang politik, Refly Harun, menciptakan sebuah lagu dengan lirik yang menyentil. Lagu berjudul 'Pemimpin Adil' berbicara tentang hari pembalasan yang akan dihadapi semua manusia, terutama para pemimpin.

Lirik lagu yang dibuat olehnya terilhami dari peristiwa yang akan dialami semua manusia di Padang Mahsyar. Nanti ketika manusia dibangkitkan di Padang Mahsyar, semua sibuk dengan dirinya masing-masing, tidak ada lagi meminta pertolongan orang.

Matahari juga digambarkan hanya berjarak beberapa jengkal di atas kepala, akan terasa panas, melelehkan, dan tidak ada naungan bagi orang-orang yang merugi. Tetapi, ada tujuh golongan yang akan mendapat naungan, salah satunya adalah pemimpin yang adil.

“Dari situ, tiba-tiba saya mengingat presiden kita, terutama Jokowi. Saya bilang ‘Waduh, banyak orang berebut kepemimpinan, padahal tanggung jawabnya besar sekali, dunia akhirat,” ucap Refly saat dihubungi Republika, Selasa (1/2/2022).

Kemudian, Alquran mengatakan setiap dari kita adalah khalifah. Namun bagi Refly, pemimpin adalah khalifah dari khalifah. Artinya, presiden dan semua orang-orang yang ditunjuk menjadi pemimpin, memiliki kewajiban untuk menjadikan masyarakatnya sejahtera dan mendapat keadilan.

Jika dilihat secara keseluruhan, lagu ini berisi nasihat dan peringatan. Di situ, Refly seperti ingin mengingatkan, bukan memberi nasihat. Sepenggal liriknya ‘Ketika matahari hanya di atas kepala, panas melelehkan, padang yang luas, tak ada naungan. Tapi engkau pemimpin adil, Tuhan memberi kabar gembira’.

“Kabar gembiranya itu tadi, dia akan mendapatkan naungan. Naungan itu yang menyelamatkan dia. Pemimpin bisa baik bisa jelek, intinya saling mengingatkan lah sesama Muslim,” papar Refly.

Yang membuat lagi ini lebih menarik juga adalah penyanyinya merupakan seorang pengamen bernama Ogie. Refly sengaja mengajak pengamen untuk membuat channel YouTube, di mana nantinya akan ada lagu-lagu lain yang dinyanyikan Ogie.

Melalui channel YouTube Ogie Official, para pengunjung channel itu bisa melihat lagu lainnya yang liriknya diciptakan oleh Refly Harun. Seperti “Salam Nol Persen” yang videonya baru saja rilis di channel tersebut pada hari ini, Selasa (1/2/2022). Lagu ini bercerita tentang presidential threshold.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement