Rabu 02 Feb 2022 10:11 WIB

Brasil Tegaskan Dominasi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol

Brasil memuncaki klasemen dan tak terkalahkan dalam 15 laga kualifikasi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Brasil Tite menyaksikan pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022.
Foto: Rodrigo Buendia/Pool via AP
Pelatih Brasil Tite menyaksikan pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BELO HORIZONTE -- Brasil terbukti mampu tampil dominan di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Terus bertahan di puncak klasemen sementara babak kualifikasi, Selecao menjadi tim pertama dari kawasan Amerika Selatan yang sukses memastikan satu tiket di putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Neymar dkk bahkan sudah dipastikan melangkah ke Qatar 2022 saat masih menyisakan tujuh pertandingan sisa di babak kualifikasi. Keberhasilan ini tidak terlepas dari catatan performa tim besutan Tite tersebut.

Baca Juga

Brasil belum sekalipun menelan kekalahan. Dari 14 laga yang telah dilakoni, Brasil meraih 11 kemenangan dan tiga hasil imbang. Catatan impresif ini pun dilengkapi dengan statusnya sebagai tim paling produktif hingga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol. Total, Brasil mengemas 28 gol dari 14 laga.

Ketajaman lini serang ini mampu diimbangi Brasil dengan performa solid di lini belakang. Skuad Samba juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik setelah hanya kebobolan lima gol dari 14 partai.

Rentetan rekor impresif ini mengantarkan Brasil memimpin klasemen sementara babak kualifikasi dengan koleksi 36 poin, unggul empat poin dari Argentina, yang berada di peringkat kedua. Kendati begitu, ada sedikit kekhawatiran terkait potensi penurunan performa tim Samba.

Maklum, di dua laga terakhir Brasil bermain imbang, termasuk saat harus puas pulang dari lawatan ke Ekuador dengan raihan satu poin usai ditahan imbang tuan rumah, 1-1, akhir pekan lalu.

Kegagalan memetik poin penuh di dua laga terakhir membuat Argentina berhasil memangkas jarak dengan Brasil. Dengan tiga laga yang masih tersisa di babak kualifikasi, Brasil pun masih bisa digulingkan dari puncak klasemen sementara.

Karena itu, demi bisa menegaskan dominasi di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Conmebol dan menambah modal kepercayaan diri untuk tampil di Qatar 2022, Brasil berupaya kembali ke jalur kemenangan.

Kesempatan itu pun datang kala Selecao menerima lawatan Paraguay di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, pada lanjutan laga ke-15 babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (2/2/2022) pagi WIB. Brasil unggul telak 4-0 di laga tersebut. Gol-gol Brasil dicetak oleh Raphinha, Coutinho, Antony, dan Rodrygo Goes.

''Tim ini telah menemukan keseimbangan antara mentalitas bertanding yang tepat dengan kemampuan individu,'' ujar Tite seperti dilansir Depor, Rabu (2/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement