Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Dele Alli Ungkap Alasan Berani Pindah Permanen ke Everton

Selasa 01 Feb 2022 22:25 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Dele Alli saat masih berseragam Tottenham Hotspur. Alli pernah digadang-gadang akan jadi pemain penting di Spurs.

Dele Alli saat masih berseragam Tottenham Hotspur. Alli pernah digadang-gadang akan jadi pemain penting di Spurs.

Foto: AP/Frank Augstein
Alli menutup kariernya di Spurs yang dulu sempat gemilang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Dele Alli mengakhiri kiprahnya bersama Tottenham Hotspur, yang telah terentang selama tujuh tahun. Gelandang serang asal Inggris bergabung dengan Everton sebagai rekrutan permanen pada pertengahan musim ini. 

Di Everton, Alli sepakat dengan ikatan kontrak berdurasi dua setengah tahun. Nilai transfer Alli ke Everton akan diukur berdasarkan performa winger asal Inggris. Kabarnya, potensi nilai transfer Everton dari Spurs maksimal mencapai 40 juta poundsterling. Winger berusia 25 tahun itu pun mengungkapkan alasannya untuk menerima pinangan The Toffees. 

Selain ingin menemukan kembali performa terbaiknya via kesempatan tampil secara reguler, Alli juga menyebut kehadiran Frank Lampard, yang ditunjuk sebagai pelatih anyar The Toffees, sebagai salah satu faktor utama alasan kepindahannya ke Everton.

''Saya hanya ingin merasakan kembali kebahagian merumput di lapangan. Bekerjasama dengan Lampard dan pemain-pemain hebat di Everton menjadi kesempatan berharga buat saya. Saya sangat tertarik datang ke klub ini dan menunjukan kemampuan saya pada para pendukung tim ini,'' tutur Alli dalam wawancara dengan Sky Sports, Selasa (1/2/2022). 

Frank Lampard resmi ditunjuk sebagai pelatih The Toffees untuk menggantikan Rafael Benitez pada Senin (31/1) petang waktu setempat. Beberapa jam berselang, The Toffees akhirnya merampungkan kepindahan Alli. Mantan pemain Milton Keynes Dons itu pun mengaku telah berbicara secara langsung dengan Lampard. 

Alli bahkan cukup yakin bisa meraih kesuksesan bersama eks pelatih Chelsea tersebut. Alli kemungkinan besar akan melakoni debutnya sebagai penggawa The Toffees saat klub asal Merseyside itu menghadapi Newcastle United di laga lanjutan Liga Primer Inggris, pekan depan.

''Saya sudah sempat berbicara secara langsung dengan dia (Lampard). Dia adalah salah satu mantan pemain yang saya kagumi. Saya senang bisa berkerjasama dengannya, akan sangat menarik. Saya yakin, kami bisa meraih kesuksesan bersama-sama,'' ujar Alli. 

Alli mulai memperkuat Spurs usai direkrut dari Milton Keynes Dons dengan banderol lima juta poundsterling pada 2015 silam. Pengoleksi 37 caps buat Timnas Inggris itu telah mencetak 269 penampilan dan menyumbang 67 gol, termasuk 51 gol di pentas Liga Primer Inggris.

Kendati begitu, seiring dengan kehadiran Antonio Conte di kursi pelatih Spurs pada November silam, Alli mulai jarang mendapatkan kesempatan tampil dengan hanya mengemas enam penampilan di semua ajang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA