Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Dua Bahan Penting untuk Komunikasi yang Efektif

Gaya Hidup | Tuesday, 01 Feb 2022, 15:54 WIB
image: YourTango

Kualitas yang membantu kita terhubung lebih dalam.

Pasangan sering mengeluh memiliki masalah komunikasi. Tetapi jika kita melihat lebih dalam, ada dua kualitas mendasar yang penting untuk membangun hubungan yang sehat dan intim. Ketika dikenali dan dipraktikkan, kita menjadi lebih baik dalam posisi untuk menciptakan koneksi yang lebih memuaskan.

Perhatian

Kapasitas kita untuk berkomunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk menyadari apa yang kita rasakan di dalam. Dibutuhkan dosis perhatian yang besar untuk memperhatikan apa yang sebenarnya kita alami.

Dengan mengalihkan perhatian ke dalam, kita mungkin menyadari bahwa kita sedang merasa sedih, takut, atau kesepian. Atau, kita mungkin memperhatikan bahwa rasa malu terpicu ketika seseorang tampaknya mengkritik atau marah kepada kita. Kita mungkin merasa marah atau murka sebagai tanggapan atas ketidakadilan atau pelecehan.

Tantangan komunikasi yang terampil adalah bahwa hal itu mengharuskan kita untuk memperhatikan dunia perasaan dan keinginan batin kita. Mode default kita mungkin untuk melindungi diri kita sendiri dengan masuk ke kepala kita untuk menemukan cara cerdas untuk menyerang dan menilai seseorang daripada hanya memperhatikan bagaimana kita terpengaruh oleh mereka—dan kemudian mengkomunikasikannya.

Kita memiliki sedikit kendali atas peristiwa eksternal. Kita tidak memiliki kendali atas memperbaiki atau mengubah orang lain. Tetapi kita memiliki kendali atas bagaimana kita berhubungan dengan pengalaman kita sendiri dan menanggapi peristiwa. Kita dapat mengungkap perasaan dan keinginan kita yang sebenarnya dan mengkomunikasikannya dengan cara yang mengungkapkan diri, seperti dengan menggunakan pendekatan komunikasi non-kekerasan Marshall Rosenberg.

Seringkali kita merespons interaksi yang tidak menyenangkan dengan menyerang seseorang—baik dengan lantang atau diam-diam dalam pikiran kita. Kita mungkin mengkomunikasikan penilaian dan kesalahan kita dan percaya bahwa kita adalah komunikator yang baik: "Saya pikir Anda egois dan tidak tahu apa-apa!"

Menyemburkan penilaian dan evaluasi kita terhadap orang lain adalah sesuatu yang kadang-kadang kita semua lakukan, tetapi itu adalah komunikasi yang ceroboh. Dibutuhkan kesadaran untuk berhenti sejenak dan masuk ke dalam untuk menangani perasaan kita yang sebenarnya daripada bertindak secara impulsif atau melampiaskan emosi kita dengan cara yang merusak. Kita perlu memperluas toleransi kita terhadap ketidaknyamanan untuk memperhatikan apa yang sebenarnya kita rasakan.

Pengalaman otentik kita yang lebih dalam sering diresapi dengan kerentanan yang tidak nyaman. Ketika kita dihadapkan dengan penghinaan atau serangan yang nyata atau yang dibayangkan, itu mungkin membuat kita bingung, menggetarkan tempat yang lembut di dalam. Menyerang dan menyalahkan adalah pertahanan umum yang dirancang untuk melindungi hati kita yang rentan.

Membiarkan diri kita memperhatikan perasaan kita yang lebih lembut membutuhkan kualitas keberadaan yang juga perlu kita kembangkan jika kita ingin menjadi komunikator yang efektif. Dibutuhkan keberanian yang besar untuk memanfaatkan perasaan yang lebih lembut yang menari-nari di dalam diri kita.

Memanggil Keberanian

Kita mungkin mengenali nilai dari menumbuhkan perhatian penuh dan memperhatikan pengalaman otentik kita. Tetapi tanpa keberanian, kita cenderung kembali ke pertahanan kita yang biasa, yang melindungi kita dari rasa malu dan sakit.

Keberanian (courage) berarti hadir dalam pengalaman kita apa adanya, bukan seperti yang kita inginkan. Keberanian berasal dari kata "hati". Kata Prancis untuk hati adalah "coeur." Psikiater terkenal Carl Jung berkomentar bahwa

“Visi Anda akan menjadi jelas ketika Anda melihat ke dalam hati Anda sendiri. Yang terlihat di luar mimpi. Siapa yang melihat ke dalam akan terbangun.”

Kita hidup dengan berani karena kita hidup dengan lebih banyak hati dan lebih sedikit rasa takut.

Mengintip ke dalam hati kita dan menyadari apa yang sebenarnya kita alami membutuhkan kekuatan batin yang luar biasa. Seringkali apa yang kita lihat tidak cantik. Mungkin ada sesuatu dalam diri kita yang takut atau sakit. Menjadi kuat seringkali berarti membiarkan diri kita menjadi lemah, atau yang mungkin kita anggap sebagai kelemahan. Perhatian penuh yang berani berarti membiarkan diri kita mengalami apa pun yang kebetulan sedang kita alami pada saat itu, apakah menyenangkan atau tidak menyenangkan. Ini tidak lain adalah seni mencintai diri sendiri.

Tidak lagi menolak pengalaman kita—tidak merasa malu atau takut akan hal itu—kita dapat hidup dengan lebih sadar dan berani. Daripada menjadi reaktif, kita dapat berhenti sejenak, bernapas, dan memperhatikan apa yang kita rasakan saat ini. Kita dapat menghormati diri kita sendiri dengan memanfaatkan keberanian kita untuk memenuhi pengalaman kita apa adanya, tanpa menghindari atau menutupinya.

Menemukan keberanian untuk mengungkapkan pengalaman kita daripada menyalahkan atau mengkritik, kita mengundang orang ke arah kita. Keintiman berarti melihat ke dalam dunia batin masing-masing. Kita menciptakan iklim untuk koneksi saat kita membiarkan orang melihat kita—mengundang mereka ke dalam kehidupan batin kita. Saat kita menghormati pengalaman kita sebagaimana adanya dan membaginya dengan orang-orang yang kita percayai, kita keluar dari persembunyian dan bergerak menuju kebahagiaan yang lebih besar.

***

Solo, Selasa, 1 Februari 2022. 3:41 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image