Selasa 01 Feb 2022 05:00 WIB

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau Positif Covid-19

Trudeau tidak mengungkapkan bagaimana dia terpapar Covid-19.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nidia Zuraya
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (31/1.2022) waktu setempat.
Foto: Justin Tang / The Canadian Press via AP
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (31/1.2022) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (31/1.2022) waktu setempat. Ini terjadi di tengah lonjakan kasus yang dipicu varian omikron hingga protes mandat vaksin di ibu kota negaranya.

"Pagi ini, saya dites positif Covid-19," kata Trudeau di Twitter seperti dikutip laman CNN, Senin (31/1/2022). Ia diketahui telah menerima dosis vaksin hingga booster.

Baca Juga

"Saya merasa baik-baik saja dan saya akan terus bekerja dari jarak jauh minggu ini sambil mengikuti pedoman kesehatan masyarakat. Semuanya, tolong divaksinasi dan ditingkatkan," ujarnya menambahkan.

Trudeau dan keluarganya akan mengisolasi diri selama berhari-hari setelah dinyatakan terpapar. Setidaknya satu dari tiga anak usia sekolahnya juga dinyatakan positif.

Trudeau tidak mengungkapkan bagaimana dia terpapar. Namun dalam jadwal kerjanya, ia bertemu langsung pada Rabu pekan lalu dengan beberapa anggota kabinetnya.

Akhir pekan lalu keluarga Trudeau telah dipindahkan ke lokasi yang dirahasiakan sebagai tindakan pencegahan menyusul aksi demo mandat vaksin di Ottawa. Demonstrasi dimulai sebagai protes oleh pengemudi truk yang menentang persyaratan vaksin, namun aksi itu ditumpangi ribuan orang yang menyerukan diakhirinya mandat Covid-19 lainnya.

Kanada memiliki salah satu tingkat vaksinasi tertinggi di dunia dengan sekitar 4 dari setiap 5 orang Kanada divaksinasi penuh. Trudeau memperingatkan warga Kanada bulan ini untuk "bersantai" untuk musim dingin.

"Tekanan pada sistem perawatan kesehatan luar biasa, dan sebanyak yang bisa kita lakukan, kita semua, secara individu, kolektif, untuk mengurangi tekanan pada sistem rumah sakit, petugas kesehatan kita yang kelelahan di garis depan, saya pikir itu benar-benar apa yang perlu kita fokuskan," kata Dr Howard Njoo, wakil kepala petugas kesehatan masyarakat Kanada.

Perdana Menteri sebelumnya tidak melaporkan tertular Covid-19 selama pandemi. Meskipun istrinya, Sophie Gregoire Trudeau, dinyatakan positif terkena virus pada Maret 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement